PONDOKSEDEKAH.ORG – Agar ibadah kita diterima oleh Alloh SWT dan senantiasa semengat meraih ridhoNya. Ada hal yang harus diperhatikan dalam bersedekah. Hal ini berkaitan dikarenakan dengan sedekah yang utama dan harta yang diberikan.

Dalam sebuah riwayat ada seorang laki-laki yang datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan bertanya, “Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?” Beliau menjawab, “Engkau bersedekah dalam kondisi sehat dan berat mengeluarkannya, dalam kondisi kamu khawatir miskin dan mengharap kaya. Maka janganlah kamu tunda, sehingga ruh sampai di tenggorokan, ketika itu kamu mengatakan, “Untuk fulan sekian, untuk fulan sekian, dan untuk fulan sekian.” Padahal telah menjadi milik si fulan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam riwayat lain. Rasulullah SAW., juga pernah bersabda mengenai masalah sedekah terbaik yang dikeluarkan oleh seorang muslim. Berikut ini haditsnya:

“Sedekah yang terbaik adalah yang dikeluarkan selebih keperluan, dan mulailah dari orang yang kamu tanggung.” (HR. Bukhari).

“Sedekah yang paling utama adalah sedekah maksimal orang yang tidak punya, dan mulailah dari orang yang kamu tanggung.” (HR. Abu Dawud dan Hakim)

Dalam kedua hadist tersebut dijelaskan sedekah yang utama adalah dimulai dari yang kita tanggung. Yang dimaksud di sini adalah keluarga sendiri.

“Ada dinar yang kamu infakkan di jalan Allah, dinar yang kamu infakkan untuk memerdekakan budak dan dinar yang kamu sedekahkan kepada orang miskin. Namun dinar yang kamu keluarkan untuk keluargamu (anak-isteri) lebih besar pahalanya.” (HR. Muslim).

Jadi inti dari sedekah yang utama itu dimulai dari keluarga sendiri. Jangan sampai dari keluarga sendiri kita lupakan sebelum memberi ke orang lain. Keluarga sendiri dalam hal ini seperti saudara sepupu yang sudah fakir miskin, kedua orangtua, saudara kandung.

Mengapa yang utama adalah keluarga didahulukan karena mereka yang terdekat dari kita sebelum tetangga dan orang-orang yang pernah kita temui dan baru kita kenal. Maka sudah sepantasnya kita memberi sedekah kepada mereka terlebih dahulu dibandingkan ke orang lain.
__________________________________________________________________________________
Bagi Bapak – Ibu dan Sahabat Peduli yang ingin yang ingin berdonasi bisa hubungi :

SMS & WA : 08111-566-123
Telephone : 021–296-20-545

Atau transfer via:

Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia Qq Pondok Sedekah
Kode Transfer : 101 ex (Rp 1.000.101)

Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondoksedekah
Youtube : Pondok Sedekah

www.pondoksedekah.org
Let’s Share Humanity

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *