PONDOKSEDEKAH.ID – Sebagai seorang muslim tentu kita akan sangat paham tentang panggilan yang selalu dinanti – nanti ini.

Tak perlu dengan vibrasi seperti penyanyi international, cukup dengan merdunya suara maudzin masjid kampung pun rasa – rasanya adzan tetap begitu dinanti dan indah masuk ke hati.

Dalam sebuah haditsnya bahkan Rasulullah memberikan keutamaan tentang keutamaan suara adzan, dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu juga, ia mengabarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam;

“Seandainya orang-orang mengetahui besarnya pahala yang didapatkan dalam adzan dan shaf pertama kemudian mereka tidak dapat memperolehnya kecuali dengan undian niscaya mereka rela berundi untuk mendapatkannya…” (HR. Bukhari no. 615 dan Muslim no. 980).

Tak hanya itu Rasulullah bahkan memuliakan para muadzin yang mengumandangkan adzan sebagai orang-orang yang panjang lehernya:

“Para muadzin adalah orang yang paling panjang lehernya pada hari kiamat.” (HR. Muslim no. 850)

Dari Malik bin Al-Huwairits, sesungguhnya Nabi SAW bersabda, “Apabila waktu shalat telah tiba, maka hendaklah salah seorang diantara kamu adzan untuk (shalat)mu, dan hendaklah yang tertua diantara kamu bertindak sebagai imam bagi kamu”. (HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 37)

Jadi adzan adalah sebuah panggilan kemuliaan untuk semua orang mukmin dan sebuah panggilan dari Allah untuk meninggikan derajat agar setiap kita menjadi mulia di hadapan Allah azza wajalla.

Dari ‘Uqbah bin ‘Amir, ia berkata : Saya pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Tuhanmu ‘Azza wa Jalla sungguh sangat senang terhadap seorang penggembala kambing yang berada di puncak gunung yang adzan untuk shalatnya, kemudian ia shalat”. Maka Allah ‘Azza wa Jalla berfirman (kepada malaikat), “Lihatlah hamba-Ku ini, ia adzan dan iqamat untuk shalatnya karena takut kepada-Ku. Oleh karena itu Ku-ampuni hamba-Ku ini dan Ku-masukkan dia ke dalam surga”. (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Nasai, dalam Nailil Authar juz 2, hal. 39).

Untuk itulah maka sudah saatnya untuk kita bersegera menghampiri suara adzan untuk menunaikan shalat, rukuk dan sujud bersama orang-orang beriman yang mengimani Allah sebagai Tuhan semesta alam.
__________________________________________________________________________________
Mari bersama bergabung dalam barisan para Penghafal Al – Qur’an, Bangun 1.000 Pesantren Entrepreneur Penghafal Al-Qur’an bersama Pondok Sedekah dengan bergabung dalam program Orang Tua Asuh Penghafal Al-Qur’an.

Untuk Pendaftaran Menjadi Donatur Orang Tua Asuh Penghafal Al-Qur’an di : bit.ly/DaftarOrangTuaAsuh

Donasi Program Orang Tua Asuh Penghafal Al-Quran silahkan “TRANSFER” via :
Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia Qq Pondok Sedekah
Kode Transfer : 103 ex (Rp 1.000.103)
Konfirmasi dan Informasi detail program Penghafal Al-Quran di : 0877-8000-7848

Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondoksedekah
Youtube Channel : pondok sedekah

Office : Rukan Emerald Blok UF.08 Summarecon Bekasi
www.pondoksedekah.id

Pondok Sedekah Indonesia Foundation
Let’s Share Humanity

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *