fbpx

Amalan Ringan Penghapus Dosa

PondokSedekah – Berdzikir merupakan nutrisi hati bagi kaum muslimin yang menantikan ketenangan dan ketentraman dalam hidupnya. Dzikir mampu menghidupkan ruh hati kita.

Apabila kita meninggalkan dzikir sedetik saja dapat membuat kita menjadi orang yang lalai dalam mengingat Allah Swt sehingga tergoda untuk melakukan kemaksiatan. Sebab banyak kemaksiatan baik besar atau kecil yang tentu berawal dari satu detik.

Dalam suatu hadits diriwayatkan, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Perumpamaan orang yang berdzikir dengan orang tidak berdzikir adalah seperti orang hidup dan orang mati.” (HR. Al-Bukhari dalam Shahihnya, dari hadits Abu Musa al-Asy’ari Radhiyallahu ‘Anhu)


Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

مَنْ قَالَ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ فِي يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ حُطَّتْ خَطَايَاهُ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ


“Barangsiapa yang membaca ‘Subhanallahi wa bihamdihi’, dalam sehari seratus kali, maka kesalahannya akan dihapuskan sekalipun seperti buih air laut.” (HR. Bukhari-Muslim)

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

كَلِمَتَانِ خَفِيفَتَانِ عَلَى اللِّسَان ثقِيلَتَانِ فِي الْمِيزَانِ حَبِيبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ : سُبْحَانَ اللَّهِ وبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيم


“Dua kalimat yang ringan diucapkan lisan, berat ditimbangan, dan dicintai oleh Al-Rahman (Allah): Subhaanallaahi Wa Bihamdihi Subhaanallaahil ‘Adzim.” (HR. Muttafaq ‘Alaih)

Subhanallahi Wa Bihamdihi Subhanallahil Adzim yang memiliki arti Maha Suci Allah dengan segala puji bagi-Nya, Maha Suci Allah yang Maha Agung. Kalimat dzikir tersebut sangatlah berbobot penuh makna mampu mengundang kecintaan dan keridhoan Allah Swt kepada para hamba-Nya serta dapat melipatgandakan pahala.

Membaca Subhanallahi wa bihamdihi dalam sehari bukanlah perkara yang sulit bila kita sudah terbiasa melakukannya. Amalan yang ringan tersebut dapat dibaca sewaktu kita berdiri, duduk, berbaring seperti pada waktu istirahat, menunggu kemacetan, atau dalam waktu senggang kita.

Maka,sempatkanlah dalam sehari untuk membaca amalan ringan tersebut agar dapat membentengi diri serta menghapus dosa dari kesalahan yang pernah kita lakukan. Semoga Allah Swt mudahkan kita semua agar sanggup mengamalkan dzikrullah tanpa putus di setiap harinya.

Oleh : Adila Rarastika (Relawan Digital Pondok Sedekah)
————————————————————————–
Hubungi kami di:
SMS & WA : 081212 – 042425
Telephone : 021 – 296 20 545

Untuk Donasi Paket Ramadhan untuk Dunia Islam silahkan “TRANSFER” via :
Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia
Kode Transfer : 900 ex (Rp 1.000.900) Konfirmasi di : 081212-042425

Office : Rukan Emerald Blok UF 08 Summarecon Bekasi
Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondok_sedekah
Youtube Channel : pondok sedekah
www.pondoksedekah.org

Pondok Sedekah Lembaga Kemanusiaan
Let’s Share Humanity
Ramadhan untuk Kemanusiaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: