Oleh : Ustadz Bagus Hernowo, S.Pd., M.M

Pondok Sedekah – Apa perbedaan berkah atau banyak menurut Sahabat Peduli? Kalau berkah sudah pasti banyak baik berupa jumlah atau pun kebaikan yang ditimbulkan dari (manfaat) yang didapat. Hal ini berbeda dari Banyak, banyak belum tentu berkah, bisa jadi banyak yang kita dapatkan tapi ternyata tidak selalu menciptakan kedamaian dan kebahagiaan untuk kita, malah terkadang yang terjadi adalah hal sebaliknya yang kita dapatkan.

Lalu apa yang kita pilih berkah atau banyak? Kalau diberikan pilihan tersebut, maka saya pilih berkah, sebagai muslim kita akan mengharapkan keberkahan dari apa yang kita cari, kita kerjakan atau kita dapatkan.

Jadi pasti kalau orang tidak memahami keberkahan jika ditanya tentang pilihan antara berkah atau banyak, sudah pasti orang yang tidak paham akan memilih banyak.

Bisa jadi banyak di mata kita, tapi belum tentu di hadapan Allah, tapi kalau kita memilih keberkahan bisa jadi yang sedikit akan Allah perbanyak dengan kita berharap dari keberkahan yang kita harap ada pada semua dalam hidup kita.

Saya memiliki teman yang bekerja di suatu Bank syariah terkemuka di negeri ini, dia berkata kepada saya bahwa gajinya sebulan bisa dikatakan begitu banyak untuk ukuran saat ini, tapi ternyata ia datang menemui saya dan berbicara pada saya:

“Ustadz, jika dipikir-pikir gaji dari pekerjaan saya begitu banyak. Tapi saya selalu kebingungan saat belum juga akhir bulan uang tersebut sudah habis dan bahkan seringkali kurang. Kenapa ya Ustadz?” Ujarnya pada saya
Saya coba berdiskusi dengannya apa yang menjadikan hal tersebut terjadi padanya. Setelah saya simpulkan ternyata banyak hal yang membuat hasil pekerjaannya terhalang dari keberkahan yang Allah harusnya curahkan padanya.

Saya memintanya untuk meninggalkan hal-hal yang memutuskan keberkahan mulai dari memutuskan silaturrahim, riba, dan berbagai hal yang Allah tidak menyukainya.

Bisa jadi kita melihat banyak orang yang mungkin seringkali kita mendengar ada seorang pemulung yang bisa naik haji, atau tukang becak yang bisa berkurban setiap tahun.

Kalau dipikir berapakah pendapatan harian hingga ia bisa menunaikan qurban dan haji? Tapi ternyata orang-orang seperti ini memiliki cara unik untuk mendapatkan uang hingga bisa menghasilkan apa yang diinginkan.

Bahkan kalau kita lihat ternyata dengan segala kebersahajaannya bisa menghasilkan pendapatan yang bagi mereka menyenangkan dalam menjalani kehidupannya.

Mari kita evaluasi diri jangan-jangan kita bekerja tak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, atau kualitas yang kita kerjakan hanya berbatas seperti main-mainan saja, atau kita berjual beli dalam kerangka yang tidak halal atau dengan menipu.

Banyak hal yang mungkin membuat kita terhalang dari keberkahan yang Allah akan turunkan, banyak muhasabah, perbaiki hubungan dengan Allah semoga kita bisa mendapatkan keberkahan seperti apa yang Rasulullah dan para Sahabat dapatkan.

—————————————————
More Information :
SMS & WA : 081212 – 042425
Telephone : 021 – 296 20 545

Untuk Donasi #RamadhanUntukKemanusiaan silahkan “TRANSFER” via :
Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia
Kode Transfer : 900 ex (Rp 1.000.900) Konfirmasi di : 081212-042425

Office : Rukan Emerald Blok UF 08 Summarecon Bekasi
Fanspage Facebook : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondoksedekah
Youtube Channel : pondok sedekah
www.pondoksedekah.org

#RamadhanuntukKemanusiaan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *