PONDOKSEDEKAH.ORG – Banyak yang mungkin masih bingung bila seorang pengangguran bersedekah. Sudah menganggur, tidak ada duit, diminta sedekah lagi. Sebenarnya Islam memudahkan bagi siapa saja yang ingin bersedekah, baik kaya, miskin, bahkan menganggur sekalipun

Hal ini sedekah merupakan perbuatan terpuji. Dengan bersedekah kita sadar bahwa harta yang dimiliki itu bukanlah mutlak milik kita, melainkan ada hak orang lain dari harta itu.

Sebetulnya sedekah tidak harus harta, seorang pengangguran bisa saja bersedekah dengan cara lain selain dengan harta. Seperti diberitakan dalam hadist Rasulullah SAW.

Dari Abi Dzar ra. berkata, bahwasanya sahabat-sahabat Rasulullah saw. berkata kepada beliau:

“Wahai Rasulullah, orang-orang kaya telah pergi membawa banyak pahala. Mereka shalat sebagaimana kami shalat, mereka berpuasa sebagaimana kami berpuasa, namun mereka dapat bersedekah dengan kelebihan hartanya.”

Rasulullah SAW. bersabda: “Bukankah Allah telah menjadikan untukmu sesuatu yang dapat disedekahkan? Yaitu, setiap kali tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, menyuruh pada kebaikan adalah sedekah, melarang kemungkaran adalah sedekah, dan hubungan intim kalian (suami istri) adalah sedekah.” (HR. Muslim).

Namun, alangkah baiknya dengan harta. Bagaimana seorang pengangguran dapat bersedekah? Duit saja mungkin tidak punya. Bersedekah tidak harus dengan duit tapi juga bisa dengan harta yang kita punya. Misal sebuah jam tangan, sebuah motor, sebuah televisi. Benda-benda itu juga termasuk harta yang kita punya dan layak untuk disedekahkan karena dapat menjadi uang.

Justru disaat kita menganggur kemudian dapat bersedekah nilainya tinggi dalam pandangan Alloh. Alloh justru akan memudahkan segala urusan kita. Sebelum dan sesudah bersedekah hendaknya berdoa agar Alloh memudahkan segala urusan kita. Misal doa untuk dimudahkan dan dilancarkan dalam mencari pekerjaan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalaam memberitahukan kita cara agar doa lebih cepat terkabul, yakni sebagai berikut: “Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain.” (HR. Ahmad)

Mudah-mudahan dengan bersedekah dengan harta yang dipunya, yang tadinya menganggur dapat memperoleh pekerjaan. Sehingga dapat bersedekah lebih maksimal dibandingkan saat menjadi pengangguran.
Mari bersama bergabung dalam barisan para Penghafal Al – Qur’an walau kita tak mampu khatam menghafal Al – Qur’an kita menjadi orang – orang yang melahirkan para Penghafal Al – Qur’an.

Bagi Bapak – Ibu dan Sahabat Peduli yang ingin yang ingin berdonasi dalam program “Orang Tua Asuh Penghafal Al-Quran” bisa hubungi :

SMS & WA : 08111-566-123
Telephone : 021–296-20-545

Atau transfer via:

Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia Qq Pondok Sedekah
Kode Transfer : 101 ex (Rp 1.000.101)

Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondoksedekah
Youtube : Pondok Sedekah

www.pondoksedekah.id
Let’s Share Humanity

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *