Bekerja Tidak Hanya Mencari Upah

Bekerja sebetulnya tidak hanya mencari upah, tapi juga ibadah. Karena Alloh Ta’ala memerintahkan manusia untuk bekerja, mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Maka, bekerja juga artinya melaksanakan perintah Alloh dan itu termasuk ibadah.

“Kami telah menjadikan untukmu semua didalam bumi itu sebagai lapangan mengusahakan kehidupan (bekerja); Tetapi sedikit sekali diantaramu yang bersyukur.” (QS. A”raf : 10).

Selain dalil qur’an, Rasulullah SAW juga pernah bersabda, bahwa bekerja mencari yang halal itu suatu kewajiban sesudah kewajiban beribadah.”

“Bahwa Allah sangat mencintai orang-orang mukmin yang suka bekerja keras dalam usaha mencari mata pencaharian”. (HR. Tabrani dan Bukhari).

Berdasarkan dalil Quran dan hadis di atas memang bekerja adalah tidak hanya mencari upah tapi juga ibadah. Karena itu, kita sebagai manusia hendaknya bersemangat untuk bekerja dan jangan bermalas-malasan

Karena bekerja adalah ibadah, maka kita harus melakukannya dengan ikhlas dan menghindari bekerja di tempat yang diharamkan Sang Pemberi Rezeki maka lelah Anda selama bekerja tak ada nilainya di sisi Allah. Sungguh rugi, bekerja mencari rezeki tetapi justeru menjauh dari Sang Pemberi Rezeki.

Selain, ikhlas bekerjalah dengan tulus dan senang. Segala sesuatu yang dilakukan dengan mengeluh dan penuh keterpaksaan tidak akan bernilai ibadah. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *