PONDOKSEDEKAH.ORG – Apakah kita telah membaca sebuah ayat yang menyatakan bahwa balasan sedekah itu 700 kali lipat? Jika belum bacalah ayat di bawah ini, maka kita akan tercengang dengan janji Allah tersebut

“Bahwa perumpamaan orang-orang yang menginfakkan harta mereka di jalan Allah SWT. Itu seperti satu biji yang tumbuh diperumpamakan tumbuh menjadi tujuh tangkai, dan di setiap tangkainya tumbuh 100 biji”. (Qs. Baqarah :261).

Jika dihitung berdasarkan ayat tersebut, berarti setiap kita melakukan sedekah akan dilipatgandakan sebanyak 700 kali lipat.

“Bahkan Allah menambahkannya lagi sesuai dengan janjinya, yang berbunyi ‘Allahu yudo’ifu liman yasya’. Artinya, Allah melipat-gandakankannya kepada yang Dia kehendaki.”

Lalu diperjelas lagi, di dalam Surat Al-Baqoroh 245,” Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan,”

Dari sini kita bisa simpulkna bahwa sedekah itu bukan berarti mengurangi harta akan tetapi malah menyuburkan harta kita.

Dikuatkan lagi dari hadist “Tidak ada satu haripun, kecuali ada dua malaikat yang turun dan diutus oleh Allah SWT itu khusus hanya untuk berdoa. Salah seorang dari malaikat itu berdoa: ya Allah, berikanlah kepada orang yang berinfak siapapun dia, hari ini pengganti”. (HR.Muslim).

Sedangkan bagi yang tidak bersedekah di jalan Alloh justru akan di doakan oleh Malaikat secara sebaliknya, “Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil).” (HR. Bukhari-Muslim).

Namun, bukan berarti bagi orang yang bersedekah tidak juga dibalas dengan harta pula. Meski, ada ungkapan umum yang mengatakan, ““Al-Jaza’ min jinsi-l-amal”. Artinya: bahwa balasan itu juga dari jenis amalnya. Akan tetapi, itu tidak mutlak karena Alloh SWT yang lebih mengetahui keperluan kita. Bisa saja dibalas dengan kebaikan lain, seperti diberikan kesehatan, terhindar dari musibah, hingga pahala 700 kali lipat.

Rasulullah SAW bersabda: “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah.” (HR. Imam Baihaqi).

Dalam hadist lain “Bentengilah diri kalian dari siksa api neraka meskipun dengan separuh buah kurma.” (Muttafaqun ‘alaih)

Dari ‘Uqbah bin Harits r.a., ia berkata, “Saya pernah shalat Ashar di belakang Nabi saw., di Madinah Munawwarah. Setelah salam, beliau berdiri dan berjalan dengan cepat melewati bahu orang-orang, kemudian beliau masuk ke rumah salah seorang istri beliau, sehingga orang-orang terkejut melihat perilaku beliau saw. Ketika Rasulullah saw. keluar, beliau merasakan bahwa orang-orang merasa heran atas perilakunya, lalu beliau bersabda, ‘Aku teringat sekeping emas yang tertinggal di rumahku. Aku tidak suka kalau ajalku tiba nanti, emas tersebut masih ada padaku sehingga menjadi penghalang bagiku ketika aku ditanya pada hari Hisab nanti. Oleh karena itu, aku memerintahkan agar emas itu segera dibagi-bagikan.” (HR. Bukhari)
______________________________________________________________________________
Bagi Bapak – Ibu dan Sahabat Peduli yang ingin yang ingin berdonasi bisa hubungi :

SMS & WA : 08111-566-123
Telephone : 021–296-20-545

Atau transfer via:

Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia Qq Pondok Sedekah
Kode Transfer : 101 ex (Rp 1.000.101)

Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondoksedekah
Youtube : Pondok Sedekah

www.pondoksedekah.org
Let’s Share Humanity

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *