PondokSedekah – Siapakah anak yatim itu? Sudahkah kita menyantuni anak yatim? Seringkali muncul dalam benak kita keinginan untuk menyantuni anak yatim bahkan ingin sekali kita mengadopsinya. Ini adalah bagian dari fitrah kita sebagai manusia untuk menyayangi sesame, terlebih bagi yang benar-benar membutuhkan kasih sayang lantara sudah tidak memiliki siapa pun kaum kerabat yang dinantikan untuk berkumpul setiap harinya.

Lalu siapakah anak yatim itu? Anak yatim adalah anak-anak yang kehilangan ayahnya karena meninggal sedang mereka belum mencapai usia baligh. Dan sudahkah menyantuni anak yatim? Sebagian dari kita mungkin telah mendonasikan sebagian hartanya baik melalui infak atau sedekah baik langsung maupun dengan melalui lembaga-lembaga panti yatim piatu.

Atau mungkin ada masih bingung untuk menyalurkan donasi kepada anak yatim? Jangan terlalu lama dalam kebingungan, karena harta yang ada pada kita ada sebagiannya milik mereka dan mereka benar-benar membutuhkan bantuan dari kita yang memiliki sebagian rizki untuk keperluan mereka. Jadi sudahkah kita menyantuni anak yatim?

Dari Sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِى الْجَنَّةِ هكَذَا » وأشار بالسبابة والوسطى وفرج بينهما شيئاً

“Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya. HR al-Bukhari (no. 4998 dan 5659).

Betapa hadits ini begitu mahsyurnya, disinilah letak bahwa Rasulullah begitu menyayangi anak-anak yatim.

Hadits ini tak hanya menyiratkan tentang rasa sayangnya Rasulullah kepada mereka anak-anak yatim. Tetapi juga hadits ini menjelaskan bahwa begitu tingginya kedudukan orang-orang yang menyayangi dan mengurus anak yatim begitu tingginya mereka nanti di akhirat. Karena mereka akan bersanding bersama Rasulullah sedekat yang Rasulullah telah sampaikan melalui hadits tersebut.

Kita melihat bahwa anak-anak yang ditinggalkan oleh bapak-bapak mereka sebelum mereka mencapai umur atau usia baligh pasti akan mengalami masa yang begitu kesulitan. Terlebih bagi mereka yang memang hidup dalam kondisi pas-pasan, saat kita berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi mereka maka tentu kita akan mendapatkan yang terbaik sebagai bagian dari rasa cinta kita kepada sesama muslim.

——————————————————————————————————————-
Salurkan donasi sahabat sekalian melalui Pondok Sedekah Lembaga Kemanusiaan.

Lebih mudah dengan “LAYANAN JEMPUT Donasi, Zakat, Infak, Shadaqah, Wakaf.” Sila hubungi :
SMS & WA : 081212 – 042425
Telephone : 021 – 296 20 545

Atau “TRANSFER” di :
Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia Qq Pondok Sedekah
Kode Transfer : 505 ex (Rp 1.000.100)

Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondok_sedekah
www.pondoksedekah.org

#EducationforHumanity
Let’s Share Your Humanity

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *