Pondok Sedekah- Sahabat pernahkah kalian merasa ragu dalam mengeluarkan uang untuk bersedekah? Atau pernahkah terbesit dalam pikiran sahabat, kalau sebagian uang ini disedekahkan, bagaimana dana untuk mencukupi keperluan A, B, dan C? Bahkan pernahkah setelah sahabat sedekahkan uang tersebut muncul sedikit penyesalan dengan menggerutu dalam hati tentang uang di dompet yang semakin menipis?”

Pertanyaan tersebut akan terus muncul dan menggelayuti pikiran kita. Bahkan semakin diri ini bertanya-tanya dalam hati semakin kuat keraguan dan semakin tertahan pula untuk melakukan kebaikan (sedekah) tersebut. Sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 286.

الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُم بِالْفَحْشَاء وَاللّهُ يَعِدُكُم مَّغْفِرَةً مِّنْهُ وَفَضْلاً وَاللّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir) sedangkan Allah menjanjikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Mahaluas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (Q.S Al-Baqarah: 268).

Pada ayat tersebut cukup menjawab bahwa keraguan yang ada pada diri kita ternyata muncul dari godaan setan. Setan tidak akan lelah menggoda sampai membuat muncul rasa cinta berlebihan terhadap uang atau harta yang dimiliki. Setan membuat tipu daya seolah-olah hati ini berat dan ingin mengenggam terus harta yang selama ini dititipkan Allah Swt kepada kita. Hal inilah yang dapat melahirkan sifat kikir dan tamak pada diri seseorang.

Mungkin awalnya kita akan terus menganggap bahwa ketakutan itu wajar dan manusiawi. Sebab bila kita berpikir secara logika uang yang kita miliki lalu diberikan kepada orang lain tentu uang tersebut akan berkurang atau semakin sedikit. Tapi, “apakah perhitungan yang kita lakukan sama dengan perhitungan yang Allah Swt berikan atas sedekah (amal baik) yang kita lakukan?”

Ternyata dalam Al-Qur’an Allah Swt berjanji akan melipatgandakan uang atau harta yang telah kita sedekahkan. Seperti yang tercantum pada surat Al-Baqarah ayat 261 dan surat Al-An’am 160.

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi

siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui” (QS. Al-Baqarah: 261).

مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا ۖ وَمَنْ جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزَىٰ إِلَّا مِثْلَهَا وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ

“Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan)” (QS. Al-An’am: 160).

Kedua ayat tersebut menunjukkan bahwa Allah Swt tidak tanggung-tanggung dalam memberikan pahala bagi orang yang melakukan amal baik (sedekah). Yakinlah sahabat bahwa Allah Swt akan membalas kebaikan kita dalam bersedekah, maka keraguan dan ketakutan kita dalam bersedekah akan lenyap seketika.

Oleh : Adila Rarastika (Relawan Digital Pondok Sedekah)
————————————————————————–
Hubungi kami di:
SMS & WA : 081212 – 042425
Telephone : 021 – 296 20 545

Untuk Donasi Paket Ramadhan untuk Dunia Islam silahkan “TRANSFER” via :
Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia
Kode Transfer : 900 ex (Rp 1.000.900) Konfirmasi di : 081212-042425

Office : Rukan Emerald Blok UF 08 Summarecon Bekasi
Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondok_sedekah
Youtube Channel : pondok sedekah
www.pondoksedekah.org

Pondok Sedekah Lembaga Kemanusiaan
Let’s Share Humanity
Ramadhan untuk Kemanusiaan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *