19Feb/19

Sudah Persiapkan Apa Kita Menuju Ramadhan?

PONDOKSEDEKAH.ID – Ramadhan tak terasa sudah semakin dekat, hanya tinggal menunggu hari saja kemudian kita akan bertemu dengannya kembali.

Dalam beberapa riwayat para Sahabat pernah diingatkan oleh Rasulullah dengan sebuah hadits sebagai berikut:

Rasulullah menyambut bulan Ramadhan penuh perasaan bahagian dan suka-cita. Beliau ingatkan para sahabat agar menyiapkan diri mereka untuk menyambut dan mengisinya dengan amal. Diriwayatkan oleh Salman Al-Farisi bahwa Rasulullah berceramah di harapan para sahabat di akhir Sya’ban, beliau bersabda,

“Wahai sekalian manusia. Kalian akan dinaungi oleh bulan yang agung nan penuh berkah. Padanya terdapat satu malam yang lebih baik daripada seribu malam. Allah menjadikan puasa di bulan itu sebagai kewajiban dan qiyamnya sebagai perbuatan sunnah. Siapa yang mendekatkan diri kepada-Nya dengan amal kebaikan seolah-olah ia telah melakukan kewajiban di bulan lain. Dan barangsiapa melakukan kewajiban pada bulan itu maka ia seolah telah melakukan tujuh puluh kewajiban di bulan lain. Ia adalah bulan kesabaran dan kesabaran itu adalah jalan menuju surga. Ia adalah bulan keteladanan dan bulan dimana rezki dimudahkan bagi orang mukmin. Siapa memberi buka kepada orang yang berpuasa maka ia mendapatkan ampunan atas dosa-dosanya dan lehernya diselamatkan dari api neraka. Ia juga mendapatkan pahalanya tanpa mengurangi pahala orang itu sedikit pun.” Sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, tidak semua kita bisa memberi buka bagi orang puasa.” Rasulullah menjawab, “Allah memberi pahala yang sama kepada orang yang memberi buka walau sekadar kurma dan seteguk air atau seteguk air susu. Ia adalah bulan dimana permulaannya rahmat, pertengahannya ampunan, dan ujungnya diselamatkannya seseorang dari neraka. Barangsiapa meringankan budaknya Allah mengampuninya dan membebaskannya dari neraka. Perbanyaklah kalian melakukan empat hal: dua hal pertama Allah ridha kepada kalian, yaitu mengucapkan syahadat tiada ilah selain Allah dan meminta ampunan kepada-Nya. Sedangkan hal berikutnya adalah yang kalian pasti membutuhkannya; yaitu agar kalian meminta surga kepada Allah dan berlindung kepada-Nya dari neraka. Barangsiapa memberi minum orang berpuasa maka Allah akan memberinya minum dari telagaku yang tidak akan pernah haus sampai dia masuk ke dalam surga.” (Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban).

Bapak, Ibu dan Sahabat Pondok Sedekah Indonesia sudah mempersiapkan apa kita menuju Ramadhan?

Ramadhan selalu membawa keberkahan dan pahala yang begitu luar biasa, jangan sampai Ramadhan kali ini beralalu seperti Ramadhan-Ramadhan sebelumnya.

Jika Ramadhan kemarin kita merasa masih belum maksimal maka saatnya kita mempersiapkan semua hal tersebut untuk bisa kita lakukan di Ramadhan nanti.

Kita juga harus berdo’a semoga Allah memasukkan kita ke dalam bulan Ramadhan, sehingga kita bisa beribadah di bulan tersebut kelak.

Karena hanya tinggal menhitung hari, kita akan berjumpa dengan bulan penuh keberkahan, bulan penuh ampunan dan rahmat serta bulan diturunkannya Al-Qur’an.

Kurang dari 3 bulan kita akan menjumpainya, semoga kita bukan orang-orang yang gagal di bulan ramadhan esok.

“Ya Allah serahkanlah aku kepada Ramadhan dan serahkanlah Ramadhan kepadaku, dan Engkau menerimanya kepadaku dengan kerelaan”. Yuk persiapkan diri menuju Ramadhan yang penuh berkah dan kemuliaan.

Fanspage : @pondoksedekah.id
Instagram : @pondoksedekah

www.pondoksedekah.id
Let’s Share Humanity

Berita Terkait

19Feb/19

Bantu 600 Santri Yatim Dhuafa Penghafal Al-Qur’an

PONDOKSEDEKAH.ID – Pondok Sedekah Indonesia memiliki program kepesantrenan yang saat ini tengah dijalankan.

Salah satu Pesantren yang dikelola Pondok Sedekah Indonesia



Ada 3 Pesantren, 1 Sekolah dan 3 Rumah Qur’an yang di dalamnya terdapat anak-anak yatim dan dhuafa yang saat ini tengah menghafal Al-Qur’an dan menimba ilmu untuk mempersiapkan masa depan mereka nantinya.

3 Pesantren Berada di Jawa Barat: 1 di Cianjur Utara dan 2 di Sukabumi, Parungkuda dan Cisaat. Sementara 1 Sekolah berada di Maros, Sulawesi Selatan. Masih ada 3 Rumah Qur’an 2 Rumah Qur’an berada di Bekasi dan 1 Rumah Qur’an berada di Nusa Tenggara Barat, Mataram.

Asal muasal anak-anak yang tengah belajar di Pesantren, Sekolah dan Rumah Qur’an ini bermacam-macam.

Ada yang ayahnya hanya bekerja sebagai kuli bangunan, ada pula yang sang Ibu telah ditinggal suaminya dan akhirnya harus bekerja sebagai TKW dan harus menghidupi 2 orang anak serta 1 orang nenek.

Banyak yang kondisinya jauh lebih miris bahkan, banyak yang sudah ditinggal meninggal dunia oleh ayahnya dan sang Ibu hanya berprofesi sebagai seorang buruh cuci atau buruh tani.

Tapi orang tua mereka tak ingin anak-anaknya berhenti belajar dan bernasib sama seperti mereka, yang mereka inginkan adalah terus memberikan support untuk menjadi para penghafal Al-Qur’an yang sukses dunia dan akhirat.

Bahkan banyak anak-anak yang kami dapatkan berasal dan telah lama hidup di terminal dengan segala macam kondisinya, mereka menghafal Al-Qur’an dari NOL, bahkan ada yang tidak bisa membaca sama sekali.

Support 600 Penghafal Al-Qur’an yang Membutuhkan Kita



Santri Daarul Huffazh Al-Mussalam



Santri Akhwat Daarul Huffazh Al-Mussalam



Namun alhamdulillah saat ini banyak yang telah hafal Al-Qur’an dan bahkan ada yang telah hafal 9 Juz Al-Qur’an.

Tak hanya itu, sebenarnya mereka adalah anak-anak yang cerdas dan mampu meraih prestasi.

Terdapat 600 santri di 3 Pesantren, 1 Sekolah dan 3 Rumah Qur’an yang kami kelola.

Mereka tak hanya menyelesaikan pendidikan di pesantren saja, bahkan mimpi mereka akan mengikuti jejak kakak tingkat mereka yang telah melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di bangku perkuliahan (perguruan tinggi).

Beberapa santri yang telah lulus saat ini telah berkuliah di luar dan dalam negeri, di antaranya ; Madinah, Libya, Mesir dan yang di dalam negeri banyak yang melanjutkan kuliah di SEBI Depok, LIPIA Jakarta dan ESQ Business School Jakarta.

Tapi tak hanya itu, bahkan para santri kini telah banyak yang sudah berkhidmat untuk masyarakat dengan mengajar di pesantren-pesantren, rumah qur’an dan sekolah-sekolah untuk mengajar tahfizh Al-Qur’an.

Semua dari mereka yang berkuliah saat ini mendapatkan beasiswa dengan program penghafal Al-Qur’an di kampusnya.

Bayangkan di masa depan banyak anak-anak yang saat ini dalam kondisi tak mampu dan akhirnya mereka hafal Al-Qur’an kemudian lulus kuliah, banyak yang akhirnya akan hidup dengan basic para hafizh qur’an dan memiliki spesifik ilmu pengetahuan mereka masing-masing.

Tentu ini akan sangat luar biasa bagi masa depan Indonesia kedepannya bukan?

Support mereka, bantu mereka dan berikan sebagian rizki terbaik yang kita miliki untuk melahirkan peradaban yang terbaik di masa depan, bersama para penghafal Al-Qur’an untuk membangun Indonesia seperti para ulama Indonesia terdahulu.

Bersama Bantu Mereka



Bantu para santri Yatim dan Dhuafa yang saat ini tengah mengahfalkan Al-Qur’an dan meraih mimpinya di masa depan, mari berdonasi dengan cara :

Atau berdonasi langsung melalui Bank Syariah Mandiri 78-888-33-239 an Yys Pondok Sedekah – Infak Sedekah
Kode Transfer 103 Ex Rp 1.000.103,-

Bantu share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan bantuan terkumpul untuk para santri yatim dhuafa Penghafal Al-Qur’an. Dan dukung mereka untuk menjadi para penghafal Al-Quran yang sukses dunia dan akhirat.

Dengan mendaftarkan diri ke :

Formulir Pendaftaran Program Orang Tua Asuh

SMS dan Whatsapp : 0877-8000-7848/0811-1566-123

Facebook Fanspage : @pondoksedekah.id
Instagram : @pondoksedekah

www.pondoksedekah.id
Let’s Share Humanity

Berita Terkait

14Feb/19

PT Nesinak Salurkan Bantuan Perahu untuk Nelayan Donggala

PONDOKSEDEKAH – 5 bulan lalu Palu di goncang gempa berkekuatan 7,4 skala richter, yang membuat Palu, Sigi dan Donggala hancur luluh.

Tak hanya itu saja, Tsunami pun ikut menerjang sepanjang bibir pantai Palu dan Donggala; rumah, fasilitas umum, hingga perahu yang menjadi sumber pencarian para warga Palu dan Donggala pun tak lekang akhirnya luluh lantak.

Sampai hari ini bahkan masih banyak diantara mereka yang belum bisa bekerja untuk memenuhi nafkah keluarganya.

Alhamdulillah pada 12 Desember 2018 lalu perahu untuk para nelayan Desa Lende Tovea telah dilarung kembali bersama dengan senyum sumringah para nelayan Donggala tersebut.

Bantuan perahu untuk nelayan Donggala



Bersama larung kembali asa para nelayan Donggala



Perahu untuk Nelayan Donggala



Melarung perahu, melarung asa untuk masa depan



Semoga asa itu terus berlayar hingga terwujud



Kini mereka telah dapat menafkahi keluarganya, harapan dan asa kembali terajut untuk bisa mewujudkan yang sempat tertunda.

Masih banyak saudara kita para nelayan yang belum mendapatkan perahunya, ada yang rusak parah, hingga hilang terbawa arus entah kemana.

Bantu mereka kembali para nelayan yang terdampak tsunami di Palu, Donggala, Banten dan Lampung dengan berdonasi melalui:

Donasi program Recovery Korban Tsunami

Bisa disalurkan melalui Bank Syariah Mandiri 7-8888-33-247
Kode Transfer 510 ex Rp 1.000.510

Konfirmasi dan Informasi 087780007848/08111566123
Bersama bantu mereka agar para nelayan korban tsunami dapat kembali menafkahi keluarga dan menata hidupnya.

www.pondoksedekah.id
Pondok Sedekah Indonesia
Disaster Management Program

Berita Terkait

13Feb/19

Sebanyak 2.229 Jiwa, Korban Banjir Sulsel Mendapatkan Bantuan dari Pondok Sedekah Indonesia

Sebanyak 2.229 Jiwa, Korban Banjir Sulsel Mendapatkan Bantuan dari Pondok Sedekah Indonesia

Penyaluran Bantuan di Posko Janeponto



Alhamdulillah sampai hari ini kami terus menyalurkan bantuan ke lokasi lokasi bencana di Kota dan Kabupaten di Sulawesi Selatan.

Sampai saat ini kami terus bergerak untuk menyalurkan bantuan kepada korban bencana banjir di Kota – Kabupaten di Sulawesi Selatan.

Beberapa titik terparah yang menjadi lokasi penyaluran adalah : Maros, Janeponto, Gowa dan Kota Makassar.

Penyaluran Desa Sapanang



Sampai hari ini bantuan yang kami salurkan berupa : Layanan Kesehatan dan Medis, Trauma Healing, Paket Pendidikan, dan Bantuan Logistik.

Bantuan- bantuan tersebut telah diterima oleh masyarakat SulSel sebanyak 2.229 korban jiwa yang ditimpa banjir terparah.

Untuk aksi kedepannya dari kondisi yang dihadapi oleh para relawan yang langsung bertemu dengan korban di lokasi bencana mereka saat ini sangat membutuhkan Cangkul untuk membersihkan rumah dari lumpur dan tanah yang memenuhi rumah dan sawah serta lingkungan mereka karena disebabkan oleh banjir dan tanah longsor, kondisi ini banyak kami dapati di Gowa.

Kondisi tanah longsor di Gowa











Untuk itu kami akan terus mencoba untuk memberikan support semaksimal mungkin pada korban bencana banjir bandang di Sulawesi Selatan.

Support kami, bantu kami, untuk sama-sama kita meringankan korban yang ada di Sulawesi Selatan.

Donasi bisa disalurkan melalui Bank Syariah Mandiri 78-888-33-228 an Yys Pondok Sedekah – Zakat
Kode Transfer 511 Ex Rp 1.000.511,-

Konfirmasi dan Informasi ke 08111-566-123/0877-8000-7848

www.pondoksedekah.id
Disaster Management Program

Berita Terkait

12Feb/19

Bersama Bangun Peradaban Islam Dengan Program Orang Tua Asuh Penghafal Al-Qur’an

Assalamu’alaikum Warrahmatullah Wabarakaatuh

Bersama Membangun Generasi Qur’ani
Di era Milenial.

Banyak anak-anak sekarang mempunyai cita-cita yang tinggi, seperti menjadi dokter, insinyur, pilot, sampai entrepreneur.

Tapi sangat jarang ada anak-anak bercita cita menjadi penghafal Al-Quran terlebih dahulu sebelum ingin menjadi yang lainnya.

Semua kebutuhan juga sudah disediakan oleh orang tuanya, baik pakaian, uang jajan, dan kebutuhan lainnya.

Tapi bayangkan ada anak-anak yang ingin menjadi penghafal Al-Quran namun kondisi mereka sulit seperti anak-anak dhuafa, yatim, yatim-piatu, memenuhi kebutuhannya saja belum tentu orang tua mereka mampu, apalagi membiayai Pendidikan mereka untuk bisa menjadi penghafal Al-Quran.

Maka dari itu kami mengajak bapak/Ibu untuk turut andil dalam membangun generasi Qur’ani dengan menjadi Orang Tua Asuh bagi anak anak santri penghafal Al-Quran Pondok Sedekah Indonesia.

Yuk raih keberkahan yang besar di hari ini dengan bergabung menjadi orang tua asuh untuk para santri yang membutuhkan support kita.

Bersama kita bangun peradaban Islam dengan melahirkan generasi penghafal Al-Qur’an di masa mendatang.

Daftarkan diri Bapak-Ibu dan Sahabat Pondok Sedekah Indonesia sekalian melalui link berikut : http://bit.ly/jadiOrangTuaAsuh

More Information : 08111-566-123 / 0877-8000-7848

www.pondoksedekah.id
Lets Share Humanity

Berita Terkait