Bolehkah Qurban atas Nama Orang Lain?

PONDOKSEDEKAH.ID –  Salah satu rukun sah dari berkurban adalah membaca niat dalam berkurban. Lalu, bagaimana hukumnya jika niat berkurban atas nama orang lain baik itu keluarganya maupun diluar keluarganya? Berikut penjelasannya!

Rasulullah SAW selalu berkurban setiap tahun, niat kurban tersebut beliau niatkan untuk dirinya dan keluarganya.

“Rasulullah SAW berqurban dengan dua domba gemuk yang bertanduk, salah satunya untuk diri beliau dan keluarganya dan yang lain untuk orang-orang yang tidak berqurban dari umatnya” (HR Ibnu Majah)

Selain Rasulullah, amalan ini juga dipraktekkan oleh para sahabat Nabi yang melaksanakan qurban untuk dirinya dan keluarganya. Mereka memakan sebagian daging qurban kemudian selebihnya mereka berikan kepada orang lain atau yang lebih membutuhkan.

Sedangkan berqurban atas nama keluarga sangat dibolehkan tanpa harus meminta izin. Beda halnya jika niat qurban atas nama bukan untuk keluarganya atau orang lain. Perlu mendapatkan izin terlebih dahulu sebelum melaksanakan berkurban. Hal ini sebagaimana riwayat Syaikh Wahbah Azzuhaili dalam kitabnya Alfiqhul Islami wa Adillatuhu berikut :

“Tidak boleh berqurban untuk orang lain tanpa seizin dari orang tersebut.”

Jadi, Insya Alloh tetap sah!

Oh ya, saat ini Pondok Sedekah masih menyediakan diskon Qurban dengan harga 2,3 juta untuk didistribusikan ke daerah 3 T (terdepan, terpencil, dan tertinggal). Di sana, harga daging mahal dan rata-rata masyarakat jarang makan daging.

Contohnya Di Kabupaten Timor Tengah selatan NTT ada sebuah daerah yang seluruhnya ditinggali mualaf, yaitu Amanuban Timur. Mereka adalah mualaf yang berasal dari pulau Timur yang migrasi setelah karena kerusuhan’98. Mereka sangat jarang sekali untuk makan daging. Apalagi makan daging qurban saat Idul Adha. Meski ada yang mendapatkan, tapi tidak semua kebagian.

Hari itu Idul adha 1442, tua muda, anak-anak dan orang dewasa tampak gembira menerima daging Qurban.

Dan untuk pertama kalinya, setelah sekian lama mereka merasakan nikmatnya santapan Qurban.

Yuk maksimalkan Qurbanmu Sekarang melalui BSI 95 495 44410 A.n Pondok Sedekah Indonesia

Informasi Maksimalkan Qurbanmu:
0811 1566 123

Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondoksedekah
Youtube : Pondok Sedekah
.
www.pondoksedekah.id
www.berbagiharapan.id
Let’s Share Humanity

Leave a Comment

Your email address will not be published.