PONDOKSEDEKAH.ORG – Rohingya, sebuah tempat dimana catatan sejarah paling kelam yang kita lihat nyata saat ini tengah masih bergejolak dan entah sampai kapan akan berakhir. Dimana begitu banyak orang yang akhirnya menyaksikan pembantaian paling kejam yang pernah terjadi di dunia pada masa ini.

Rohingya yang juga disebut Rohai atau Roshangee yang berarti suku asli penduduk muslim Rohang atau Roshang saat dahulu mereka belum dinamai seperti saat ini; Arakan.

Hidup dibawah tekanan militer yang terus mengintai membuat Rohingya benar-benar merasakan kesedihan yang tak kunjung berhenti.

Bahkan baru-baru ini Etnis Rohingya harus eksodus besar-besaran setalah lama menetap di wilayah Arakan sejak abad XVI, dan kini mereka harus rela pindah untuk meninggalkan kampung halaman, dan yang lebih perihnya lagi ada yang mengungsi tanpa Ayah, tanpa Ibu karena mereka telah meninggal dalam persekusi yang dilakukan oleh Militer dan Milisi Myanmar.

Bukan dekat mereka berjalan, tidak pula nyaman sesampainya di pengungsian. Karena Rohingya yang berada di Rakhine Street, Myanmar yang berada dekat dengan Bangladesh berjarak hingga lebih dari puluhan kilometer dan harus menyeberang Sungai Naff untuk sampai di Bangladesh.

Setelah sampai disana, cobaan belum berhenti nampaknya. Karena Bangladesh tak serta merta membuka tangan untuk menerima semua pengungsi Rohingya. Tercatat hingga saat ini bahwa etnis Rohingya berada di beberapa negara, seperti diantaranya Indonesia, Bangladesh, Malaysia, Arab Saudi, bahkan Thailand.

Kondisi pengungsian pun sangat-sangat tak layak tentunnya, hidup berdesak-desakan dengan sangat-sangat minimnya fasilitas yang ada disana. Membuat mereka akhirnya hidup dengan sangat terpaksa untuk menghindari tekanan yang mengerikan.

Akhirnya, lingkungan yang tak layak huni, tak mungkin menghadirkan kondisi yang sehat untuk ditempati. Mereka akhirnya mengidap berbagai penyakit lantaran tidak tersedianya; MCK, Sanitasi Air yang Bersih, hingga Sarana Kesehatan.

Namun itu nampaknya terlalu mewah untuk mereka lantaran hal tersebut tak mungkin tersedia, perlu kita tahu karena mereka hanya memiliki kayu-kayu yang dirangkai dengan diberi terpal di atasnya sebagai tempat untuk mereka berteduh.

Dalam kondisi hujan, lokasi pengungsian akan tergenang, alas yang basah, tempat yang kumuh, akhirnya menjadi sebuah sebab mereka terjangkit penyakit mulai dari ISPA/Flu, Diare, Gastric Ulcer, Gangguan Lambung, Penyakit Kulit, Kehamilan hingga Malnutrisi.

Untuk itu kami hendak mengajak Bapak, Ibu dan Sahabat Peduli Sekalian untuk bersama-sama kita dirikan sebuah Shelter untuk saudara-saudara kita etnis Rohingya, agar mereka terselamatkan dan dapat mercovery kondisi mereka dalam keadaan nyaman dan tenang.

Mari bantu mereka, dengan hal apa pun yang kita bisa lakukan, semaksimal apa pun yang kita bisa upayakan. Ayo bantu mereka dengan mendonasikan sebagian rizki yang kita miliki.

LAYANAN JEMPUT Donasi Care for Rohingya.” Sila hubungi :
SMS & WA : 08111-566-123
Telephone : 021 – 296 20 545

Atau “TRANSFER” di :
Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia Qq Pondok Sedekah
Kode Transfer : 501 ex (Rp 1.000.501)

Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondoksedekah
Youtube : Pondok Sedekah

www.pondoksedekah.org
World Humanity Response

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *