PONDOKSEDEKAH.ID – Sedekah merupakan amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, selain bernilai pahala memberikan sedekah memiliki keutamaan di sisi Alloh SWT, bahkan juga perbuataan ini bisa memberikan kebahagiaan sendiri pagi pemberi dan penerimanya.

Setiap mulim hendaknya bersedekah karena dalam harta yang ia peroleh ada harta orang lain.
“Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapatkan bahagian” (QS. Adz-Dzariyat: 19).

Berdasarkan ayat quran itu, menyebabkan manusia berlomba-lomba untuk bersedekah setiap waktu.

Namun, tidak semua waktu itu dinilai ada baik. Rasulullah SAW., pernah mengajarkan kapan kita harus bersedekah, simak hadist dari Nabi SAW., berikut :

“Seseorang bertanya kepada Nabi SAW.,: “Wahai Rasulullah, sedekah apakah yang paling baik?” Beliau menjawab: “Kau bersedekah ketika kau masih dalam keadaan sehat dan berambisi, kau sangat ingin menjadi kaya, dan khawatir miskin. Jangan kau tunda hingga ruh sudah sampai di kerongkongan, kau baru berpesan :”Untuk si fulan sekian, dan untuk si fulan sekian.” Padahal harta itu sudah menjadi hak si fulan (ahli waris).” (HR Bukhari)

Dari hadist di atas dapat diambil kesimpulan bahwa sedekah yang paling utama itu ada empat, antara lain:

1. Dalam Keadaan Sehat Lagi berambisi
Waktu sedekah paling utama yaitu ketika orang tersebut dalam keadaan sehat lagi dan berambisi. Di saat itu lah yang tepat bersedekah, ketika berambisi dan mempunyai perencanaan untuk kaya.

Ketika berambisi untuk kaya biasanya orang tersebut malas bersedekah. Akan banyak alasan yang akan timbul, seperti harta akan berkurang, buang-buang duit sehingga menimbulkan sifat kikir dan pelit.

2. Dalam Keadaan Sangat ingin Menjadi Kaya
Waktu utama kedua untuk bersedekah adalah ketika dalam keadaan sangat ingin menjadi kaya. Rasulullah SAW seolah ingin menggambarkan orang yang tidak ingin menjadi kaya biasanya sedekahnya sedikit. Namun, berbeda meraka yang ingin kaya.

Hal ini disebabkan mereka yakin, tiap harta yang diberikan akan digantikan oleh Alloh SWT berkali-kali lipat.

3. Keadaan Sangat Khawatir Menjadi Miskin
Waktu yang ketiga yaitu saat si pemberi sedekah berada dalam kondisi sangat khawatir menjadi miskin.

Mereka ini yakin jika tidak bersedekah maka akan menjadi miskin. Miskin di sini bukanya miskin harta tapi juga miskin moral. Selain itu ia menyadari juga, Alloh SWT bisa saja menjadikan miskin dalam sekejab. Selama ini harta yang ia terima bukan karena hasil sendiri tetapi juga ada tangan-tangan Alloh SWT yang membantunya mempunyai harta.

”… yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit.” (QS Ali Imran ayat 133-134)

4. Tidak dalam Keadaan Menjelang Kematian
Di sini Rasulullah SAW mengingatkan kita agar tidak bersedekah menjelang kematian sendiri. Hal Jika bersedekah menjelang kematian bukan berarti sedekah tidak diterima tetapi nilai dimata Alloh SWT berkurang. Mengapa? Karena dianggap mereka yang bersedekah menjelang kematian terpaksa.

Kita mengetahui manfaat sedekah selain mendapat pahala juga memperpanjang umur dan dihindari dari musibah.

Maka lebih baik ketika sehat hingga menjelang ajal bisa bersedekah. Bahkan Usman Bin Affan saja sahabat Rasulullah SAW, walaupun sudah meninggal beratus tahun lalu ia masih bersedekah. Kok bisa?

Keluarga Usman mempunyai lembaga yang menyedakahkan harta usman. Diketahui harta usman tidak habis sampai hari ini.

Demikianlah ulasan mengenai empat. waktu yang paling utama untuk bersedekah. Setelah mengetahui hal ini, ada baiknya sebagai kaum muslimin kita melaksanakan amalan tersebut agar Allah senantiasa memberikan perlindungan dan hidayah-Nya kepada kita semua.
____________________________________________________________________________________________________________

Bagi Bapak – Ibu dan Sahabat Peduli yang ingin yang ingin berdonasi dalam program “Orang Tua Asuh Penghafal Al-Quran” bisa hubungi :

SMS & WA : 08111-566-123
Telephone : 021–296-20-545

Atau transfer via:

Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia Qq Pondok Sedekah
Kode Transfer : 101 ex (Rp 1.000.101)

Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondoksedekah
Youtube : Pondok Sedekah

www.pondoksedekah.id
Let’s Share Humanity

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *