PONDOKSEDEKAH.ID – Memiliki perasaan gundah gelisah tentu membuat hidup kita tidak nyaman.

Perasaan gundah gulana itu bisa datanf pada diri kita. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Ada banyak cara, salah satunya dengan memperbanyak sedekah.

Sedekah berasal dari bahasa Arab “shadaqoh” yang berarti memberi suatu pemberian yang diberikan oleh seorang muslim kepada orang lain dengan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu.

Sedekah juga berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seseorang sebagai kebajikan yang mengharap ridho Allah SWT.

Bagaimana sedekah bisa menghapus gelisah di hati?

Mari kita lihat makna dari sedekah.

Dalam Al Quran Surat An Nisa ayat 114, “tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh manusia memberi sedekah, atau berbuat makruf , atau mengadakan perdamaian diantara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami member kepadanya pahala yang besar.

Sedekah berbeda dengan hadiah, begitu juga dengan zakat. Hadiah bisa saja diperuntukkan bagi siapa saja yang kita kehendaki. Tak memandang ia kaya, miskin, cantik, tampan, jelek, yang biasanya diberikan untuk memberi selamat atas sesuatu hal. Namun, satu hal yang perlu digarisbawahi bahwa sedekah itu memiliki poin yang penting, diantaranya sebagai berikut :

1. Selalu disertai dengan keikhlasan. Maksudnya , pemberian yang tidak diawali dengan keikhlasan tidak dapat digolongkan sebagai bentuk sedekah, tetapi hanya dipandang sebagai pemberian belaka.

2. Sedekah adalah pemberian dari muslim ke sesama muslim atau non muslim. Jadi pemberian yang berasal dari non muslim, meskipun itu diberikan dengan hati yang tulus, tetap tidak dapat dikategorikan sebagai sedekah.

Bersedekah memberikan banyak manfaat bagi siapa saja, terutama bagi mereka yang mempunyai perasaan gelialsah.

Berikut manfaat bersedekah, antara lain sebagai berikut:

1. Akan tenang jiwanya, maksudnya akan dijauhkan dari rasa gelisah, resah, bingung, dan bimbang atas semua urusan dunianya.
2. Ada perasaan lega dan bahagia karena telah menolong orang lain.
3. Akan ditingkatkan derajatnya di mata Allah SWT.

Maka lewat bersedekah tidak akan membuat orang jatuh miskin atau melarat. Tetapi sebaliknya sedekah akan membuat orang selalu diberi kemudahan oleh Allah dalam segala urusan dunianya, bahkan mampu memberikan ketenangan hati dan pikiran.
____________________________________________________________________________________________________________
Mari bersama bergabung dalam barisan para Penghafal Al – Qur’an walau kita tak mampu khatam menghafal Al – Qur’an kita menjadi orang – orang yang melahirkan para Penghafal Al – Qur’an.

Bagi Bapak – Ibu dan Sahabat Peduli yang ingin yang ingin berdonasi dalam program “Orang Tua Asuh Penghafal Al-Quran” bisa hubungi :

SMS & WA : 08111-566-123
Telephone : 021–296-20-545

Atau transfer via:

Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia Qq Pondok Sedekah
Kode Transfer : 101 ex (Rp 1.000.101)

Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondoksedekah
Youtube : Pondok Sedekah

www.pondoksedekah.id
Let’s Share Humanity

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *