PONDOKSEDEKAH.ORG – Dalam islam hikmah bersedekah kepada anak yatim sangat banyak. Dalam hal ini kita jangan takut miskin untuk mengeluarkan sedekah. Justru dengan bersedekah kepada rezeki kita akan bertambah karena itu sudah janji Alloh Ta’ala kepada hambanya.

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18).

Alloh menciptakan kita sebagai manusia salah satunya untuk saling berbagi kebahagiaan kepada mereka yang kekurangan. Dengan sedekah terhadap anak yatim diharapkan suatu hari nanti mereka juga mampu bersedekah kepada yang lebih kekurangan.

Diantara hikmah bersedekah kepada anak yatim antara lain :

1. Memahami indahnya berbagi

Dengan bersedekah kita bisa memahami indahnya berbagi kepada orang lain. Ketika berbagi kepada orang lain rasanya tidak bisa diungkapkan dengan kata kata. Hal itu dikarenakan berhubungan kebahagiaan diri.

Selain itu, Alloh SWT berjanji dalam ayatnya

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.” (QS. Al-Baqarah :24)

2. Terhindar dari sifat riya

Dalam bersedekah pastinya kita ingin amalan kita ikhlas. Sehingga ketika bersedekah kita berusaha agar apa yang kita sedekahkan tidak diketahui oleh orang lain. Dengan terbiasa seperti itu, kita akan terhindar dari sifat riya. Alloh Ta’la menjanjikan bagi mereka yang menyembunyikan dan tidak menyebut-nyebut pemberian yaitu pahala.

“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS. Al-Baqarah : 262)

3. Mengajarkan tidak takut miskin
Sedekah mengajarkan kita tidak takut miskin justru dengan memberi kepada fakir miskin memnuat kita kaya. Hal itu dijanjikan oleh Alloh Ta’ala.

Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjanjikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah : 268)

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39).
__________________________________________________________________________________
Bagi Bapak – Ibu dan Sahabat Peduli yang ingin yang ingin berdonasi bisa hubungi :

SMS & WA : 08111-566-123
Telephone : 021–296-20-545

Atau transfer via:

Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia Qq Pondok Sedekah
Kode Transfer : 101 ex (Rp 1.000.101)

Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondoksedekah
Youtube : Pondok Sedekah

www.pondoksedekah.org
Let’s Share Humanity

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *