PondokSedekah – Rabu (22/2) Berangkat dari kantor pusat Pondok Sedekah Lembaga Kemanusiaan pukul 13.00 bersama tiga mobil yang membawa, selimut, pampers, susu bayi, biskuit, mie instant, pakaian layak guna, serta 500 paket nasi kotak siap santap dengan menu istimewa untuk memberikan kebahagiaan kepada saudara kita yang tengah menghadapi permasalahan banjir di daerah Muara Gembong.

Pengiriman makanan siap saji sebenarnya telah dilakukan pada hari Selasa (21/2) pada malam hari pukul 21.00 WIB untuk memberikan pertolongan pertama pada korban banjir setelah pada hari tersebut Bekasi diguyur hujan tanpa henti hingga menjelang sore hari.

Pendistribusian makanan malam hari berada di daerah gabus dan babelan, sementara pada hari Rabu siang tadi di fokuskan di daerah cabang empat, rt 02, rw 01, di desa hurip jaya, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi.
Sementara pembangunan posko kami dirikan di lokasi banjir yang menurut kami adalah lokasi paling tepat sebagai titik penyaluran yakni di rumah penduduk sekitar yang juga merupakan Relawan Sedekah Indonesia, yang bernama Bapak Rojali.

Dari penjelasan beliau kami mendapatkan informasi bahwa pada bulan Februari tahun 2017 ini merupakan banjir yang lumayan parah setelah banjir-banjir per periodic yang selalu terjadi tiap 5 tahun sekali menimpa daerah sekitar.
Kondisi ini diperparah dengan limpasan kali CBL (Cikarang-Bekasi-Laut/Listrindo) yang meluap dan merendam pemukiman warga hingga mencapai dada.

Sawah yang terlihat seperti lautan (Doc. @haden_ki)


Siang tadi saat kami datang untuk menyalurkan donasi, kami mempersiapkan membawa drone untuk melihat kondisi sekitar dan mendokumentasikan lokasi dari ketinggian sehingga para donatur bisa dapat melihat kondisi real dari daerah yang kami jadikan sebagai titik penyaluran.

RT.02/01 , Desa Hurip Jaya (Doc. @haden_ki)


Dari penjelasan warga memang kondisi daerah tersebut memiliki drainase yang parah, selain kali CBL yang meluap, daerah Muara Gembong yang langsung berhadapan dengan laut diuji pula dengan air laut yang pasang.

Kondisi daerah yang seperti cekungan juga menjadi alasan mengapa Desa Hurip jaya bisa menjalani waktu bersama air banjir yang tak mengalir selama sebulan lamanya bahkan, mereka pula menerangkan paling cepat air surut dalam waktu lima belas hari. Beruntung saat kami kesana kondisi air telah turun dan bisa mencapai lutut orang dewasa.

Pemberian paket donasi (Doc. Pondok Sedekah)


Bila lima belas hari mereka mendapati kondisi lingkungan dan rumah yang tergenang banjir, lalu bagaimana dengan perekonomiannya? Sebagian besar dari mereka berprofesi sebagai petani atau buruh tani kondisi sawah dan ladang yang terendam air membuat mereka harus terpaksa libur hingga air surut dan lahan bisa diolah kembali. Itu belum berhenti dengan kondisi bibit yang sudah ditebar dan harus ikhlas hilang terbawa hanyut air.

Kami ucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah memberikan donasi dan mempercayakan pengelolaannya kepada kami, salah satunya kepada PT. Diratama Jaya Mandiri yang telah mempercayakan pengelolaan donasinya kepada kami, serta para donatur lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu, semoga Allah membalasnya dengan kebaikan, bagi para Donatur Sahabat Pondok Sedekah Lembaga Kemanusiaan.

Mereka masih kesulitan dan masih membutuhkan bantuan, selain itu masih banyak titik-titik lain menurut koordinator lapangan Bapak Rojali, ketua Posko Penanggulangan Bencana Banjir Pondok Sedekah Lembaga Kemanusiaan.

Let’s Share, Your Humanity; Mari bersama bantu korban bencana dengan “LAYANAN JEMPUT DONASI” silahkan hubungi :

SMS & WA : 08 – 1212 – 042425
Telephone : 021 – 296 20 545

Atau “TRANSFER” di :

Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia
Kode Transfer : 700 ex (Rp 1.000.700)

Bantuan Anda akan meringankan mereka yang saat ini sangat membutuhkan uluran tangan Anda.

Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondok_sedekah
www.pondoksedekah.org
Let’s Share, Your Humanity

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *