Oleh : Aminto Setiawan
Direktur Pondok Sedekah Lembaga Kemanusiaan

Apa yang kita akan sampaikan perihal hujan yang datang di negeri ini? Syukurkah, marahkah, sedihkah atau mengutuk air yang terkirim untuk kita? Kita jadi bertanya hujan rahmat atau cobaan?

Jika kita melihat perihal air yang Allah berikan untuk ummat manusia, maka air itu sejatinya adalah rahmat yang Allah berikan untuk kita.

“Dan Kami turunkan dari awan air yang banyak tercurah.” (QS. An Naba’ [78] : 14)

“Dan di antara tanda-tanda-Nya (ialah) bahwa kau lihat bumi kering dan gersang, maka apabila Kami turunkan air di atasnya, niscaya ia bergerak dan subur. Sesungguhnya Tuhan Yang menghidupkannya, Pastilah dapat menghidupkan yang mati. Sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. Fushshilat [41] : 39).

Lantas mengapa jadi banjir yang menyusahkan manusia? Mari sejenak kita evaluasi diri mengapa banjir bisa terjadi dimana-mana, apa yang telah kita perbuat hingga bumi tempat kita berpijak dan tinggal di atasnya menjadi seperti ini?

“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS. 30:41).
Ternyata semua yang terjadi pada kehidupan yang kita rasakan, apakah baik atau buruknya, hingga semua bencana yang akhirnya menimpa kita adalah perihal kerusakan yang kita lakukan sendiri.

Membuang sampah sembarangan dan tidak pada tempatnya, tidak menyisakan daerah resapan air, membangun segala hal di daerah resapan air, mulai dari mall, gedung bertingkat, apartement dan segala macam yang akhirnya membuat air susah meresap ke dalam tanah.

Kita semua telah merasakan akhir-akhir ini semua menjadi semakin tidak wajar, panas yang luar biasa sampai air tak bersisa kering luar biasa, tapi saat ini jika hujan turun, maka hujan turun deras tak cukup dua sampai tiga jam bahkan, lantas ini salah siapa?

Maka jangan bertanya lagi, hujan ini rahmatkah atau ujian bahkan azab untuk manusia? Mari introspeksi diri.
——————————————————————————————————————-
Salurkan donasi sahabat sekalian melalui Pondok Sedekah Lembaga Kemanusiaan :
Lebih mudah dengan “LAYANAN JEMPUT Donasi, Zakat, Infak, Shadaqah, Wakaf.” Sila hubungi :
SMS & WA : 08 – 1212 – 042425
Telephone : 021 – 296 20 545

Atau “TRANSFER” di :
Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia Qq Pondok Sedekah
Kode Transfer : 505 ex (Rp 1.000.505)

Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondok_sedekah
www.pondoksedekah.org
Let’s Share Your Humanity

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *