PONDOKSEDEKAH.ORG – Sedekah merupakan perbuatan mulia. Alloh menjanjikan pahala hingga 700 kali lipat bagi orang bersedekah. Dalam bersedekah tidak ada syarat apakah kita orang miskin atau kaya, saat sehat atau sakit karena dalam setiap rezeki dan harta yang kita miliki itu terdapat juga hak orang lain.

“Engkau bersedekah dalam keadaan sehat dan berat mengeluarkannya, dalam keadaan kamu khawatir miskin dan mengharap kaya. Maka janganlah kamu tunda, sehingga ruh sampai di tenggorokan, ketika itu kamu mengatakan, ‘untuk fulan sekian, untuk fulan sekian, dan untuk fulan sekain’ . Padahal sudah menjadi milik si fulan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Uang yang kita sedekahkan tentunya harusnya berasal dari harta yang halal. Itu merupakan syarat gugurnya dosa dan mendatangkan pahala. Selain itu Alloh Ta’ala juga menjanjikan menjauhkan musibah bagi orang yang bersedekah. Seseorang yang bersedekah dengan harta yang halal juga akan dijauhkan daripada api neraka dan akan dimasukkan ke dalam syurga.

Berikut adalah janji Allah kepada golongan yang suka bersedekah :

1. Menghapuskan Dosa-dosa Orang yang Bersedekah
Janji Allah yang pertama bagi orang bersedekah adalah sedekah itu dapat menghapuskan dosa orang yang mengerjakannya.

Rasulullah SAW, beliau bersabda:

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi)

2. Diberi naungan di Hari Kiamat
Nabi SAW menceritakan tentang 7 jenis manusia yang akan naungan di hari kiamat, ”Tujuh pihak yang diberi naungan oleh Allah, dimana pada hari itu tidak ada naungan kecuali naungan-Nya.” Dari tujuh pihak tersebut, Rasulullah menyebutkan bahwa siapa saja yang bersedekah secara sembunyi-sembunyi -ibarat tangan kiri tak mengetahui apa yang dilakukan tangan kanan- maka ia termasuk salah satu di dalamnya. Begitulah yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

3. Harta akan selalu bertambah
Janji Allah SWT mengenai sedekah adalah harta yang kita sedekahkan akan selalu bertambah. Rasulullah SAW bersabda:

“Harta tidak akan berkurang dengan bersedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kebaikkan baginya” (HR. Muslim)

4. Dibebaskan Siksa Kubur

“Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” [HR. Ath-Thabrani]

5. Disiapkan Pintu Syurga

“Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka dia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu syurga: Wahai hamba Allah, ke marilah untuk menuju kenikmatan. Jika dia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan solat, dia akan dipanggil dari pintu solat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika dia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” [HR. Bukhari dan Muslim].

6. Dijauhkan dari Api Neraka
Janji Allah terakhir kepada mereka yang rajin bersedekah adalah akan dijaukan dari api neraka. Ternyata meskipun hanya sedekah dengan jumlah yang sedikit, namun sedekah tersebut memiliki andil untuk menjauhkan diri dari api neraka. Semakin banyak sedekah yang dilakukan, maka akan semakin jauhlah darinya. Rasulullah SAW bersabda:

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah” [HR. Bukhari dan Muslim]
_____________________________________________________________________________
Bagi Bapak – Ibu dan Sahabat Peduli yang ingin yang ingin berdonasi bisa hubungi :

SMS & WA : 08111-566-123
Telephone : 021–296-20-545

Atau transfer via:

Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia Qq Pondok Sedekah
Kode Transfer : 101 ex (Rp 1.000.101)

Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondoksedekah
Youtube : Pondok Sedekah

www.pondoksedekah.org
Let’s Share Humanity

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *