Janji Alloh untuk orang yang bersedekah

Sedekah adalah pemberpemberian seorang muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah juga merupakan amalan yang sederhana. Meski demikian, sangat bermanfaat bagi orang yang menerima. Terlebih lagi bagi orang yang bersedekah.

Bersedekah disebut amalan yang sederhana karena tidak melulu soal harta benda, melainkan senyuman juga sedekah. Selain senyuman, masih banyak lagi yang disebut sedekah. Sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ dalam hadis riwayat Tirmidzi, yang berbunyi:

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَبَسُّمُكَ فِي وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ وَأَمْرُكَ بِالْمَعْرُوفِ وَنَهْيُكَ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَإِرْشَادُكَ الرَّجُلَ فِي أَرْضِ الضَّلَالِ لَكَ صَدَقَةٌ وَبَصَرُكَ لِلرَّجُلِ الرَّدِيءِ الْبَصَرِ لَكَ صَدَقَةٌ وَإِمَاطَتُكَ الْحَجَرَ وَالشَّوْكَةَ وَالْعَظْمَ عَنْ الطَّرِيقِ لَكَ صَدَقَةٌ وَإِفْرَاغُكَ مِنْ دَلْوِكَ فِي دَلْوِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ
Artinya: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Senyummu kepada saudaramu merupakan sedekah, engkau berbuat ma’ruf dan melarang dari kemungkaran juga sedekah, engkau menunjukkan jalan kepada orang yang tersesat juga sedekah, engkau menuntun orang yang berpenglihatan kabur juga sedekah, menyingkirkan batu, duri dan tulang dari jalan merupakan sedekah, dan engkau menuangkan air dari embermu ke ember saudaramu juga sedekah.”

Dalam hadis di atas memperlihatkan bahwa Islam adalah agama yang istimewa yang tidak memberatkan dalam beribadah. Dalam konteks sedekah, Islam tidak melulu berbicara soal harta. Namun, banyak cara yang dapat dilakukan agar umat muslim dapat bersedekah.

Pada hakikatnya, sedekah harus dilakukan dengan ikhlas tanpa paksaan, dan semata untuk mengharap rida Allah—tidak untuk mencari pujian dari sesama manusia. Allah SWT sangat memuliakan orang yang bersedekah. Dan Allah telah menjanjikan balasan bagi orang yang gemar bersedekah.

Berikut beberapa dalil pendukung yang menjelaskan tentang keutamaan sedekah:

  1. Mendapat lindungan di hari akhir (kiamat)
    Ada tujuh pihak yang diberi naungan oleh Allah, di mana pada saat itu tidak ada naungan kecuali naungan-Nya. Salah satunya adalah seperti sabda Rasulullah ﷺ:

رجل تصدق بصدقة فأخفاها، حتى لا تعلم شماله ما تنفق يمينه
Artinya: “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.”

  1. Mendapat keberkahan dari hartanya
    Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

ما نقصت صدقة من مال وما زاد الله عبدا بعفو إلا عزا
Artinya: “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.”

Maksud dari harta tidak akan berkurang adalah hartanya diberkahi dan dijauhkan dari bahaya. Serta, jika dalam segi bentuk hartanya berkurang, tetapi tertutupi oleh pahala yang diberikan secara berlipat ganda.

  1. Dosanya akan dihapuskan
    Dalam salah satu hadis riwayat Tirmidzi, Rasulullah ﷺ bersabda:

والصدقة تطفىء الخطيئة كما تطفىء الماء النار
Artinya: “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.”

Tetapi hal ini tidak serta merta dapat menghapus segala dosa tanpa orang tersebut melakukan tobat atas segala kesalahannya.

  1. Dilipatgandakan pahalanya
    Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Hadid ayat 18 yang berbunyi:

إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضاً حَسَناً يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ
Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al-Hadid: 18)

  1. Dibebaskan dari siksa kubur
    Siksa kubur adalah hal pertama yang selalu ditakuti jika bercerita tentang kematian. Tapi sedekah akan menjadi obatnya jika orang tersebut bersedekah dengan hati yang ikhlas dan benar-benar karena Allah SWT.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

إن الصدقة لتطفىء عن أهلها حر القبور
Artinya: “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.”

Selain itu, dalam hadis yang diriwayatkan Imam Thabrani, Nabi Muhammad ﷺ juga bersabda dengan menyebutkan bahwa sedekah juga dapat memanjangkan umur, dan mencegah dari kematian yang tidak baik.

Leave a Comment

Your email address will not be published.