zakat

PONDOKSEDEKAH.ORG – Apakabarnya sahabat peduli? Sekarang sudah lewat dari tanggal 25 akhir bulan dan tanggal 1 di awal bulan. Biasanya periode karyawan atau pebisnis yang tutup buku berada di tanggal tersebut.

Saat kita bicara gajian atau hasil usaha dan bisnis, kita harus ingat perihal zakat yang wajib kita tunaikan pula. Pada dasarnya, zakat yang kita tunaikan adalah sebuah keuntungan bagi kita bukan? Oleh sebab itu pada sebuah firman Allah, pada firman-Nya tersebut Allah memerintahkan ummatnya khususnya petugas pengelola dana ZISWAF (Amil) untuk mengambil zakat dari orang-orang yang wajib zakat;

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. At-Taubah 103).

Dalam ayat tersebut Allah memerintahkan kepada kita hamba-Nya untuk menunaikan zakat dari rizki yang telah Allah berikan kepada kita. Dan tak hanya itu, ternyata zakat pun memberikan kesucian bagi harta yang ia peroleh dengan cara menunaikan zakatnya. Tak berhenti sampai di situ, dengan menunaikan zakat pula Allah akan memberikan ketentraman bagi hati hambanya yang telah menunaikan zakat.

Hal ini disebabkan bahwa zakat sama seperti halnya shalat pula, untuk itu bagi setiap kita ummat Islam patut memahami bahwa kedudukan zakat sama seperti halnya rukun Islam yang lain, jika kita tidak menunaikan zakat, maka itu sama halnya seperti kita tidak menunaikan rukun lainnya.

Bahkan pada saat Rasulullah wafat, saat itu khalifah pertama Abu Bakar Ash-Siddiq pun memerintahkan kepada pasukannya untuk memerangi orang-orang yang tidak mau menunaikan zakat.

Terlepas dari hal tersebut, zakat merupakan sebuah kesempatan untuk kita bisa melihat kebahagiaan di tiap senyum mereka yang membutuhkan bantuan kita.

Ayo raih kebaikan dan keberkahan dengan menunaikan zakat, karena zakat kita bahagiakan sesama.

“Sesungguhnya di surga terdapat kamar yang luarnya dapat terlihat dari dalamnya dan dalamnya dapat terlihat dari luarnya.” Kemudian ada seorang badui berdiri lantas bertanya, “Kepada siapa (kamar tersebut) wahai Rasulullah?” Beliau bersabda, “Bagi orang yang berkata baik, memberi makan (di antaranya lewat zakat, pen), rajin berpuasa, shalat karena Allah di malam hari di saat manusia sedang terlelap tidur.” (HR.Tirmidzi no.1984. hadits ini hasan).

Rasullullah SAW bersabda, ”Bersegeralah bersedekah, sebab yang namanya bala tidak pernah mendahului sedekah. Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah. Dan obatilah penyakitmu dengan sedekah.”
—————————————————
More Information :
SMS & WA : 081212 – 042425
Telephone : 021 – 296 20 545
Office : Rukan Emerald Blok UF 08 Summarecon Bekasi

Untuk Zakat silahkan “TRANSFER” via :
Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia
Kode Transfer : 100 ex (Rp 1.000.100) Konfirmasi di : 081212-042425

Fanspage Facebook : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondoksedekah
Youtube Channel : pondok sedekah

www.pondoksedekah.org
Let’s Share Humanity

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *