PONDOKSEDEKAH.ID – Ramadhan begitu dekat terasa, bulan yang begitu kita nanti dan seluruh ummat Islam di seluruh dunia.

Tapi ketahuilah bahwa bulan Ramadhan itu ditunggu karena begitu banyak keistimewaannya, kamu tahu apa keistimewaan dari bulan ini?

Keistimewaaan pertama dari bulan ini adalah diturunkannya Al-Qur’an, sebab Al-Qur’an adalah sebuah bekal wajib bagi Ummat Islam yang menghantarkan pada hidup yang menyeluruh dalam ajaran Islam.

Al-Qur’an juga yang menjelaskan agar setiap muslim memahami antara yang haq (benar) dan yang baathil (salah). Al-Quran juga yang mengajarkan perintah dan larangan agar setiap muslim dapat memahami hidup dan menjalaninya dengan mendapatkan banyak keutamaan dan terhindar dari kemudharatan.

Keistimewaan kedua adalah perintah bagi seluruh ummat muslim di dunia untuk menjalankan perintah berpuasa di bulan penuh berkah ini.

Terkait dengan hal tersebut Allah subhanahu wata’ala berfirman sebagai berikut dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah (2) : 185) :

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu yang hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu. Dan barangsiapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain” (QS. Al-Baqarah [2]: 185).

Keistimewaan ketiga dibulan Ramadhan, pada bulan ini Allah akan menutup pintu neraka dan membuka seluas-luasnya pintu langit. Tak hanya itu saja, syaithan juga dibelenggu

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :
“Apabila telah datang bulan Ramadhan, pintu – pintu langit dibuka, sedangkan pintu – pintu neraka akan ditutup, dan setan dibelenggu “ (diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim).

Keistimewaan Keempat pada bulan Ramadhan, seluruh amalan menjadi istimewa di hadapan Allah, seluruh ibadah menjadi luar biasa.

Seperti umrah misalnya, jika kita beribadah umrah di bulan Ramadhan maka ibadah umrah tersebut menyerupai ibadah haji.

“Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari no. 1782 dan Muslim no. 1256).

Al-Qari dalam Mirqah Al-Mafatih (8: 442) berkata, “Maksud senilai dengan haji adalah sama dan semisal dalam pahala.” Akan tetapi yang sebenarnya terjadi pahala haji lebih berlipat-lipat daripada pahala umrah. Karena haji adalah salah satu rukun Islam.

Luar biasa bukan ini baru satu ibadah yakni umrah, lalu bagaimana dengan yang ibadah yang lain?

Keistimewaan Kelima pada bulan Ramadhan pula hanya terdapat lailatul qadr tidak pada bulan-bulan lainnya.

Seperti kita ketahui bahwa umur ummat Rasulullah Muhammad Shalallahu’alaihi Wasallam tidak sepanjang ummat-ummat lainnya.

Namun Allah memberikan keberkahan dengan sebuah keutamaan bernama lailatul qadar.
“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadar: 3). An Nakho’i mengatakan, “Amalan di lailatul qadar lebih baik dari amalan di 1000 bulan.” (Lihat Latho-if Al Ma’arif, hal. 341).
________________________________________________________________________________________________________________
Yuk berdonasi dalam program Ramadhan untuk Kemanusiaan, ayo bersama kita menebar kebahagiaan ke seluruh dunia.

SMS & WA : 0877-8000-4878
Telephone : 021–296-20-545

Atau transfer via:

Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia Qq Pondok Sedekah
Kode Transfer : 99 ex (Rp 1.000.099)

Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondoksedekah
Youtube : Pondok Sedekah

www.pondoksedekah.id
Let’s Share Humanity

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *