Keutamaan menyembunyikan Sedekah

“Jika kalian menampakkan sedekah-sedekah (kalian), itu adalah baik sekali, dan jika kalian menyembunyikan sedekah kalian itu serta kalian memberikannya kepada orang-orang fakir, itulah yang lebih baik bagi kalian.” (QS. Al-Baqarah : 271).

Tahukah sahabat, mengapa Alloh Ta’ala menganjurkan kita menyembunyikan sedekah, ketika memberikan kepada orang-orang fakir?

Pertama, dengan bersedekah dengan sembunyi-sembunyi akan menjaga harga diri sang penerima dan tersingkap kondisi ia sebenarnya. Dengan sedekah sembuni-sembunyi, kita menjaga kehormatan dirinya.

Kedua, sedekah dengan sembunyi-sembunyi menyelamatkan kita dari hati manusia dan lidah yang mendengki. Bisa jadi ada orang orang yang mendengki atau mengingkari bahwa orang yang kita ber tak pantas menerimanya.

Ketiga, sedekah dengan sembunyi-sembunyi membantu si pemberi dalam merahasiakan amal. Karena keutamaan merahasiakan pemberian lebih besar dibandingkan menampakkannya, dan membantu penyempurnaan kebaikan adalah kebaikan.

Itulah tiga keuatamaan dari menyembunyikan sedekah. Semoga bisa dipetik pelajaran mengapa kita dianjurkan sedekah sembunyi-sembunyi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *