Pondok Sedekah – Lebaran tinggal menghitung hari, sementara Ramadhan telah bersiap meninggalkan kita. Bagaimana dengan amalan Ramadhan kita? Apakah telah baik atau malah kita terlena dengan banyaknya kegiatan buka bersama atau persiapan lebaran mulai dari baju baru hingga kue lebaran lainnya di luar aktivitas ibadah yang Rasulullah Salallahu’alaihi Wasallam perintahkan untuk kita maksimalkan di bulan penuh berkah ini? Semoga kita bisa memaksimalkan Ibadah Sunnah yang Rasulullah perintahkan.

Namun, jika dirasa masih kurang ibadah tersebut, inilah saat paling tepat untuk kita melakukan amal terbaik lainnya yang Rasulullah lakukan seperti angin yang berhembus, amal apakah itu?

Dalam shahihain, dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata,

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling gemar bersedekah. Semangat beliau dalam bersedekah lebih membara lagi ketika bulan Ramadhan tatkala itu Jibril menemui beliau. Jibril menemui beliau setiap malamnya di bulan Ramadhan. Jibril mengajarkan Al-Qur’an kala itu. Dan Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah yang paling semangat dalam melakukan kebaikan bagai angin yang bertiup.” (HR. Bukhari no. 3554 dan Muslim no. 2307)

Masih ada kesempatan untuk kita melakukan amal terbaik yang Rasulullah perintahkan, ayo bersedekah, karena ada keluarga kita, saudara seiman yang saat ini tengah diuji oleh Allah dengan ujian yang begitu mengerikan. Jangankan berpikir tentang baju baru, atau makanan paling nikmat untuk hari raya idul fitri, untuk sehari-hari pun seperti tak mungkin rasanya.

Hari ini kita masih berpikir tentang bagaimana caranya menahan lapar saat shaum Ramadhan, namun ketika berbuka puasa nanti tentu kita masih bisa memilih ingin makan apa yang kita inginkan. Tapi tidak dengan Somalia, saudara kita yang berada di negeri paling gersang di muka bumi ini, tengah dalam kondisi paling bingung. Bukan karena permasalahan lapar saat menunaikan ibadah puasa Ramadhan, melainkan mereka bertahan atas kelaparan yang tak kunjung berhenti selama berbulan bulan, dan ini menghantui mereka bersama kematian yang bisa terjadi kapan saja.

Jadi apa yang kita akan lakukan dengan kondisi saudara kita ini? Jika kita punya target dengan membaca Al-Quran 2, 3, 4 kali khatam Al-Quran, lalu berapa target kita bersedekah tahun ini? Sudahkah ada target bersedekah yang akan kita capai di Ramadhan kali ini?

Jadikan Ramadhan tahun ini menjadi Ramadhan terbaik dengan menanggung beban saudara kita yang tengah begitu dekat dengan kematian.

Lalu inginkah pahala kita tercatat di tengah tanah terpanas di bumi ini dengan doa – doa yang terpanjatkan oleh para penghafal Al-Quran yang tengah keahusan dan kelaparan selama berbulan – bulan?

Inilah waktu terbaik, kesempatan beramal terbaik untuk langsung membantu mereka yang tengah kebingungan karena kematian begitu dekat dengan mereka semua. Mari jadikan Idul Fitri mereka adalah momen terbaik untuk menyeka duka yang selalu membersamai saudara-saudara kita di sana.

————————————————
Bantu mereka sekarang juga dengan menghubungi :
SMS & WA : 081212 – 042425
Telephone : 021 – 296 20 545

Untuk Donasi Somalia silahkan “TRANSFER” via :
Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia
Kode Transfer : 503 ex (Rp 1.000.503) Konfirmasi di : 081212-042425

Office : Rukan Emerald Blok UF 08 Summarecon Bekasi
Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondoksedekah
Youtube Channel : pondok sedekah
www.pondoksedekah.org

Pondok Sedekah Lembaga Kemanusiaan
Disaster Management Program
Let’s Share Humanity

#RamadhanUntukKemanusiaan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *