Manfaat Infaq dan Sedekah?

PONDOKSEDEKAH.ORG – Berdasarkan istilah agama Islam, infak berarti menafkahkan atau membelanjakan sebagian harta benda yang dimiliki di jalan yang di ridhoi Allah SWT. Sedangkan sedekah adalah memberikan bantuan atau pertolongan berupa barang harta atau lainnya tanpa mengharap imbalan dari orang lain dan hanya mengharap Ridlha Alloh Ta’ala.

Baik infak maupun sedekah adalah perbuatan yang mulia yang diperintahkan oleh Allah untuk senantiasa dilaksanakan oleh hambanya.

Kamu tidak akan memperoleh kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu infakkan, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui. (QS.3:92)

Dalam hadis lain juga disebutkan tentang keutamaan memberi daripada menerima atau tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah:

“Tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang di bawah.” (HR. Bukhori Muslim).

Kedua amalan tersebut merupakan perbuatan yang ganjarannya tidak terputus hingga hari kiamat.

“Apabila anak Adam ( manusia ) telah meninggal dunia maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara, sedekah jariah, ilmu ang bermanfaat dan doa anak yang saleh untuk orang tuanya. (HR. Muslim).

Berikut beberapa manfaat berinfak dan sedekah :

1. Sedekah adalah pembuka rejeki. Memang benar kita akan kehilangan uang, tapi disaat bersamaan juga mengundang rejeki yang jauh lebih banyak.

2. Banyak orang yang merasa ragu dengan keajaiban sedekah, Tapi jika mereka semua mau bersedekah hari ini juga, maka di esok hari tak ada seorangpun yang ragu akan keajaiban sedekah.

3. Simpanlah uang anda di Bank, maka ia akan bertambah 5%. Investasikan uang anda di bisnis, ia akan bertambah 100%. Salurkan uang anda melalui sedekah, ia akan bertambah 1000%.

4. Sedekah dikatakan ajaib karena yang anda sedekahkan selalu kembali melalui jalan yang tak anda sangka-sangka.

5. Jika semua orang bersedekah dan berinfak, maka beberapa rumus-rumus matematika dalam ilmu ekonomi perlu diperbaiki.

Andaikata kita mau mensyukuri nikmat yang salah satunya adalah dengan bersedekah, niscaya akan tercipta hubungan harmonis dalam masyarakat tersebut. Dalam sebuah pepatah disebutkan bahwa tegaknya dunia itu disebutkan karena empat hal. Pertama, ilmu para ulama. Kedua, keadilan para umara (pemimpin). Ketiga, kedermawanan orang-orang kaya. Keempat, kesabaran orang-orang miskin. Apabila keempat hal ini bisa terealisasi Insya Allah akan tercipta keamanan dan ketentraman dalam masyarakat tersebut. Tidak akan terjadi kecemburuan sosial menyebabkan rasa iri dan dengki.
_____________________________________________________________________________
Bagi Bapak – Ibu dan Sahabat Peduli yang ingin yang ingin berdonasi bisa hubungi :

SMS & WA : 08111-566-123
Telephone : 021–296-20-545

Atau transfer via:

Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia Qq Pondok Sedekah
Kode Transfer : 101 ex (Rp 1.000.101)

Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondoksedekah
Youtube : Pondok Sedekah

www.pondoksedekah.org
Let’s Share Humanity

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *