PONDOKSEDEKAH.ORG – Alloh memberikan perintah pastinya ada kebaikan bagi umatnya. Begitu juga perintah untuk bersedekah. Salah satunya, sedekah sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Kok bisa? Karena Rasulullah SAW sudah menjanjikan dalam sebuah hadist, “Bersedekahlah kalian, meski hanya dengan sebiji kurma. Sebab, sedekah dapat memenuhi kebutuhan orang yang kelaparan dan memadamkan kesalahan, sebagaimana air mampu memadamkan api.” (HR Ahmad).

Memberikan sesuatu yang hanya sedikit nilainya juga akan memberikan kebahagian karena kebutuhan mereka terpenuhi. Apalagi memberikan harta yang kita miliki untuk membahagian mereka tentu saja manfaatnya lebih besar bagi kesehatan.

Kesimpulan tersebut diperoleh dari sebuah studi yang dilakukan di Departement of Psychologgy University of British Columbia. Dilansir Huffingtonpost, para peneliti berhasil menghubungkan antara menggunakan uang orang lain dengan penurunan tekanan darah.

Dalam penelitian tersebut ada dua bagian. Bagian pertama melibatkan 128 peserta berusia 40 tahun ke atas yang didiagnosis mengalami tekanan darah tinggi. Pada kelompok tersebut diberikan sejumlah uang untuk dihabiskan selama enam minggu. Setelah itu mereka diberikan pilihan menghabiskan uang tersebut untuk diri sendiri ataupun untuk orang lain.

Di antara mereka ada yang memilih untuk menghabiskan uang tersebut dengan membantu orang lain seperti beramal. Ternyata mereka yang melakukan hal tersebut tekanan darah sistolik dan diastoliknya menunjukkan penurunan. Hal yang sebaliknya terjadi pada mereka yang menghabiskan uang tersebut untuk dirinya sendiri seperti berbelanja dan lainnya tidak mengalami perubahan dalam kesehatannya.

Penemuan tersebut menjadi bukti kuat bahwa menghabiskan uang untuk berbagi kepada orang lain dapat menyebabkan perbaikan yang signifikan terhadap kesehatan fisik. Selain itu, peneliti juga menilai bahwa apabila penderia darah tinggi melakukan sedekah atau berbagi kebahagiaan dengan orang lain secara rutin, maka akan ada manfaat jangka panjang dalam hal kesehatan.

Pada bagian kedua penelitian, peneliti menganalisa data dari 186 orang lanjut usia dengan tekanan darah tinggi. Angka-angka menunjukkan bahwa semakin banyak uang yang dihabiskan untuk kebahagiaan orang lain akan membuat semakin rendah tekanan darah dalam dua tahun ke depan.

Jauh sebelum fakta tersebut ditemukan oleh para peneliti, Islam telah menganjurkan umatnya untuk banyak memberikan sedekah. Bahkan Rasulullah SAW juga telah memberikan bukti mengenai keterkaitan antara sedekah dengan mengobati sakit yang diderita seseorang. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:

“Obatilah sakitmu dengan sedekah, bentengilah harta bendamu dengan zakat, dan bersiaplah menghadapi cobaan dengan doa.” (HR. Baihaqi)

Atau dalam hadits lain yang artinya,

“Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah.” (HR. Baihaqi).

Stephen G. Post, Ph.D., penulis buku Why Good Things Happen For Good People mengatakan banyak orang merasakan sehat ketika mereka menjadi relawan.

“Banyak orang bisa merasakan efek fisik saat mereka menjadi relawan. Ini seperti jika Anda berhenti makan donat selama beberapa hari dan mulai makan sayuran, Anda akan mulai merasa lebih energik dan kurang lesu. Tindakan semacam ini memiliki efek yang sama. Anda mendapatkan perasaan energi dan ketahanan.” katanya dilansir dari Huffingpost.

Demikianlah informasi mengenai manfaat sedekah bagi kesehatan tubuh manusia. Sungguh luar biasa manfaat yang akan diperoleh dari perbuatan yang satu ini. Tidak hanya dapat menjadi media untuk menolong sesama, sedekah juga akan memberikan pengaruh positif bagi kesehatan orang yang melakukannya.
_____________________________________________________________________________
Bagi Bapak – Ibu dan Sahabat Peduli yang ingin yang ingin berdonasi bisa hubungi :

SMS & WA : 08111-566-123
Telephone : 021–296-20-545

Atau transfer via:

Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia Qq Pondok Sedekah
Kode Transfer : 101 ex (Rp 1.000.101)

Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondoksedekah
Youtube : Pondok Sedekah

www.pondoksedekah.org
Let’s Share Humanity

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *