Manfaat Sedekah di Hari Jumat

PONDOKSEDEKAH.ORG – Bagi umat Islam, hari Jumat merupakan hari yang mulia karena memang pada hari Jumat terdapat banyak faedah yang akan didapatkan oleh seluruh umat Islam apabila melakukan kebaikan pada hari tersebut. Seseorang yang melakukan kebaikan pada hari Jumat maka pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah SWT, begitu juga sebaliknya apabila seseorang melakukan kemungkaran pada hari Jumat maka Allah SWT juga akan melipatgandakan dosanya. Oleh karena itu beruntunglah mereka yang melakukan segala macam kebaikan pada hari Jumat dimana hari tersebut merupakan hari yang dimuliakan oleh Allah SWT. Apalagi bila bersedekah di hari jumat ia akan merasakan nikmat melakukan amalan tersebut.

Terdapat perkataan ulama yang menguatkan manfaat bersedekah di hari jumat. Sedekah pada Jum’at itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya.

Ibnu Qayyim berkata, “Sedekah di hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan sedekah di bulan – bulan selainnya.”

Merujuk dari perkataan Ibnu Qayyim, apabila seseorang melakukan sedekah yang dilakukan pada hari Jumat pahalanya akan sama dengan sedekah-sedekah yang dilakukan pada bulan Ramadahn dimana bulan tersebut merupakan bulan yang sangat mulia bagi seluruh umat muslim karena pada bulan Ramadhan segala amal baik akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Ada kisah pada jaman Rasul mengenai seseorang yang melakukan sedekah pada hari Jumat, yaitu :
Telah diriwayatkan oleh Imam ‘Abdurrazzaq ash-Shan’ani rahimahullah dari Imam Sufyan ats-Tsauri, dari Mansur, dari Mujahid, dari Ibnu ‘Abbas Ra, dia berkata, Abu Hurairah dan Ka’ab pernah berkumpul. Lalu Abu Hurairah Ra, “Sesungguhnya pada hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang tidaklah seorang muslim bertepatan dengannya dalam keadaan memohon kebaikan kepada Allah Ta’ala melainkan Dia akan men-datangkan kebaikan itu kepadanya.” Maka Ka’ab Radhiyallahu ‘anhu berkata, Maukah engkau aku beritahu kepadamu tentang hari Jum’at? Jika hari Jum’at tiba, maka langit, bumi, daratan, lautan, pohon, lembah, air, dan makhluk secara keseluruhan akan panik, kecuali anak Adam (umat manusia) dan syaitan. Dan para Malaikat berkeliling mengitari pintu-pintu masjid untuk mencatat orang-orang yang datang berurutan. Dan jika khatib telah naik mimbar, maka mereka pun menutup buku lembaran-lembaran mereka.

Betapa mulianya hari Jumat tersebut sehingga membuat para Alim pada jaman Rasul memuliakannya. Begitulah manfaat sedekah hari Jumat. Lebih lanjut kisah hadits di atas yaitu :

Ibnu ‘Abbas Ra mengatakan, “Ini Hadits Abu Hurairah dan Ka’ab. Saya sendiri berpendapat, ‘Jika keluarganya memiliki minyak wangi, maka hendaklah dia memakainya pada hari itu.”

Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “Sesungguhnya shadaqah pada hari Jum’at itu memiliki kelebihan dari hari-hari lainnya. Shadaqah pada hari itu dibandingkan dengan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti shadaqah pada bulan Ramadhan jika dibandingkan dengan seluruh bulan lainnya.” Lebih lanjut, Ibnul Qayyim juga mengatakan, “Aku pernah menyaksikan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah, semoga Allah menyucikan ruhnya, jika berangkat menunaikan shalat Jum’at membawa apa yang terdapat di rumahnya, baik itu roti atau yang lainnya untuk dia shadaqahkan selama dalam perjalanannya itu secara sembunyi-sembunyi.” Aku pun, lanjut Ibnul Qayyim, pernah mendengarnya mengatakan, “Jika Allah telah memerintahkan kepada kita untuk bershadaqah di hadapan seruan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka shadaqah di hadapan seruan Allah Ta’ala jelas lebih afdhal dan lebih utama fadhilahnya.”

Demikian merupakan manfaat sedekah hari Jumat yang juga telah dilengkapi dengan dalil-dalil yang terpercaya. Mudah mudahan kita bisa rajin bersedekah di hari Jumat.
_____________________________________________________________________________
Bagi Bapak – Ibu dan Sahabat Peduli yang ingin yang ingin berdonasi bisa hubungi :

SMS & WA : 08111-566-123
Telephone : 021–296-20-545

Atau transfer via:

Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia Qq Pondok Sedekah
Kode Transfer : 101 ex (Rp 1.000.101)

Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondoksedekah
Youtube : Pondok Sedekah

www.pondoksedekah.org
Let’s Share Humanity

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *