Mengapa Zakat Membuka Berkah?

PONDOKSEDEKAH.ID – seringkali kita mendengar bahwa banyak orang yang memberikan sebagian rizkinya justru malah lebih sukses dan terus bertambah serta makin berlimpah tanpa batas hartanya.

Tak jarang pula orang-orang yang pelit dan kikir malah terjadi hal sebaliknya.

Kita selalu ingat pada kisah qorun yang dahulu kaya Raya dan karena kekikirannya serta menentang Allah, maka Allah azab dia dengan ditenggelamkan harta dan dirinya sekaligus ke dalam bumi.

Sebuah data secara mengejutkan menunjukan bahwa penelitian dari eropa menyebutkan pula bahwa hal tersebut adalah kejadian yang nyata terjadi.

Untuk itulah Allah memberikan kita kewajiban untuk kita menunaikan zakat dengan segala aturan dan tatacaranya.

Berbeda dengan kikir, zakat justru membuat kita mendapatkan keberkahan dan kebahagiaan:
Dalam surah AL Baqarah ayat 261 Allah SWT berfirman;

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”.

Allah telah berjanji, maka janji itu adalah sebuah hal yang bahkan telah terlaksana dan selalu dirasakan oleh orang-orang yang menjalankan amal hanya karena Allah semata.

Dalam Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 261 tersebut dijelaskan bahwa jika kita menanam sebutir biji maka akan tumbuh tujuh bulir dan tiap-tiap bulir menghasilkan seratus biji kembali. Itu bagaikan sebuah harta yang kita telah keluarkan baik berupa zakat, infak dan sedekah akan dan terus kembali pada kita tanpa henti dan bisa mencapai tujuh kali lipat bahkan hingga seratus kali lipat bahkan lebih.

Pada ayat lainnya Allah menerangkan pula:

“Dan perumpamaan orang-orang yang membelanjakan harta mereka karena mencari keridhaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimispun (memadai). Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat.” (Qs. Al Baqarah: 265).

Dalam dalil lainnya, Rasulullah bersabda dalam haditsnya, beliau menjelaskan:

“Tidaklah sedekah itu akan mengurangi harta, dan tidaklah Allah menambahkan kepada seorang hamba dengan memaafkan melainkan kemuliaan, dan tidaklah seseorang bertawadhu’/merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan meninggikannya.” (Muslim).

Inilah dalil yang menjadi dasar mengapa orang-orang yang membelanjakan harta yang Allah berikan kepadanya justru menjadi sebab rizki yang Allah berikan tak pernah terputus dan makin berlimpah bahkan.

Kita lihat seperti Abu Bakar As-Shiddiq, Ummar bin Khattab, Utsman bin Affan, Abdurrahman bin ‘Auf dan lainnya.

Jadi ayo kita ikuti jejak mereka menjadi hamba yang tak lupa akan kewajiban zakat yang harus ditunaikan, karena zakat adalah kewajiban seperti kewajiban shalat dan lainnya.
_______________________________________________________________________________________________________
Bagi Bapak-Ibu dan Sahabat Pondok Sedekah yang ingin menunaikan Zakat silahkan “TRANSFER” via :
Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia
Kode Transfer : 100 ex (Rp 1.000.100) Konfirmasi di : 0877-8000-7848

Atau layanan jemput donasi via :
SMS & WA : 0877-8000-7848
Telephone : 021 – 296 20 545
Office : Rukan Emerald Blok UF 08 Summarecon Bekasi

Fanspage Facebook : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondoksedekah
Youtube Channel : pondok sedekah

www.pondoksedekah.org
Let’s Share Humanity

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *