PONDOKSEDEKAH.ID – Ikbal Jordan namanya, pertemuan yang tak sengaja saat seorang anak berusia 15 tahun, pada empat tahun lalu tepatnya datang ke kantor Pondok Sedekah Indonesia untuk mencari keluarganya yang tak tahu dimana.



Menurut informasi Ikbal keluarganya tinggal di Bogor, ia dan dua adik perempuannya adalah anak yatim, kedua adiknya tinggal bersama Ibu yang tengah ia cari.

Karena tak tahu harus kemana setalah sepekan ia mencarinya, kami menyarankan untuk ia belajar dan tinggal di Pesantren Miftahul Falah Cianjur, Jawa Barat sembari ia mencarinya.

Masih terbata-bata ia membaca Al-Qur’an kala itu, namun keteguhan dan keuletannya menghantarkan ia menjadi seorang penghafal Al-Qur’an, dan hanya dalam waktu tiga tahun ia menghafal ia telah mengkhatamkan sebanyak 25 Juz Al-Qur’an jumlah hafalannya.

Ikbal Jordan (tengah) saat ujian pengambilan sabuk



Karena takut kesiangan saat shalat subuh, ia senantiasa tidur di masjid meskipun pesantren di Cianjur memang sangat dingin suhu dilokasi tersebut.

Tak hanya itu bahkan, malah ia seringkali membangunkan santri yang lain untuk Qiyaumullail (shalat malam) akhirnya.

Empat tahun berjalan, selesai ia menimba ilmu dan melakukan pengabdian di Pesantren Tahfidzul Qur’an Miftahul Falah Cianjur.

Ia mengabarkan bahwasannya ia tengah bahagia lantaran akan mendapatkan beasiswa Sarjana (S1) di Sumatra Barat, sembari ia mengajar dan mengabdi disebuah pesantren di Sumatera Barat.

Baru sepekan ia mengurus surat pindahannya ke Bawan, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.



Nahas ia mengalami kecelakaan yang cukup parah, kondisinya kritis, dalam kondisinya yang begitu menyedihkan lantunan Ayat Suci Al-Qur’an dari kedua bibirnya tersebut senantiasa ia lantunkan meski dengan lirih tanpa sadar.

Kemarin, Ahad – 21 April 2019, akhirnya ia menghembuskan nafasnya yang terakhir di pengabdiannya di Agam, Sumatera Barat untuk menyebarkan Ilmu Al-Qur’an dan menimba Ilmu disana.

Selamat jalan, adik, saudara, sahabat, santri dan juga seorang yatim penghafal Al-Qur’an.

Semoga Allah mengangkat derajat dan memberikan tempat yang tertinggi disisi Allah Subhanahu wata’ala, aamiin yaa Rabbal ‘alaamiin.

Ikbal Jordan, lahir; 26 Maret 2000 – wafat, 21 April 2019, Seorang Santri Yatim Alumni Pesantren Tahfidz Miftahul Falah yang tengah mengabdi untuk ummat demi mengajarkan Al-Qur’an dan Menimba Ilmu di Agam, Sumatera Barat.

Semoga kita bisa mengikuti jejaknya untuk menjadi da’i yang terus belajar dan mengajarkan Al-Qur’an. Aamiin yaa Rabbal ‘alaamiin…

www.pondoksedekah.id
Let’s Share Humanity

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *