PondokSedekah – Sahur tidak hanya dimaknai sebagai waktu untuk bersantap makanan sebelum menjalankan ibadah puasa. Banyak manfaat yang akan diperoleh di dalam sahur seperti yang diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu beliau berkata bahwaNabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي اَلسَّحُورِ بَرَكَةً

“Sahurlah kalian sesungguhnya di dalam sahur itu ada berkah”
(Hr Bukhari 1923 dan Muslim no. 1095).


Hadits ini menunjukkan anjuran untuk makan sahur yang di dalamnya terdapat keberkahan, berkah itu sendiri memiliki makna kebaikan yang banyak dan tetap ada.

Ibnu Daqiqil ‘Ied rahimahullah dalam kitab Fat-hul Baari menjelaskan bahwa barakah dalam makanan sahur, mencakup kebaikan dalam perkara ukhrawiyah yaitu berupa menegakkan sunnah Nabi yang dapat mendatangkan pahala bagi pelakunya, dan kebaikan duniawi seperti kuatnya badan orang yang makan sahur dan berpuasa, dibandingkan dengan yang tidak makan sahur.

Niatkan sahur yang kita santap agar Allah Swt berkahi tubuh kita supaya kuat dalam menjalankan kewajiban-kewajiban di siang hari sehingga termotivasi untuk melakukan ibadah lainnya yang akan menambah amalan puasa seperti sholat sunnah, berdzikir, membaca Al-Qur’an, mendengarkan tausiyah, bersedekah, dan lainnya.

Waktu sahur yang bertepatan dengan sepertiga malam manfaatkan untuk melaksanakan sholat Tahajud. Perbanyak juga doa dan dzikir serta memohon ampunan di waktu yang mulia ini.Anjuran untuk memohon ampun di saat sahur telah tertulis dalam Al-Qur’an pada surat Ali Imran ayat 17.

الصَّابِرِينَ وَالصَّادِقِينَ وَالْقَانِتِينَ وَالْمُنْفِقِينَ وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ

“Yaitu orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur.

Adapun keutamaan lain dalam sahur adalah Allah Swt beserta malaikat-Nya akan bershalawat pada orang-orang yang makan sahur. Seperti yang diriwayatkan dari Abu Sa’id Al Khudri dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

السَّحُوْرُ أَكْلُهُ بَرَكَةٌ، فَلاَ تَدْعُوْهُ وَلَوْ أَنْ يُجْرَعَ أَحَدُكُمْ جُرْعَةً مِنْ مَاءٍ، فَإِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى الْمُتَسَحَّرِيْنَ

“Makanan sahur adalah makanan yang barakah maka janganlah kalian meninggalkannya, walaupun seorang dari kalian hanya sahur dengan meneguk air, karena sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang makan sahur”
(HR. Imam Ahmad dalam Musnadnya 3/44, 12 berkata Al Mundziri dalam At Targhib wa At Tarhib 2/139: riwayat Ahmad dan sanadnya kuat).

Alangkahnya baiknya kita sebagai umat muslim mengikuti apa yang dianjurkan Nabi Muhammad saw untuk makan sahur yang ternyata di dalamnya banyak memiliki keberkahan baik dunia maupun akhirat.

Oleh : Adila Rarastika (Relawan Digital Pondok Sedekah)
————————————————————————–
Hubungi kami di:
SMS & WA : 081212 – 042425
Telephone : 021 – 296 20 545

Untuk Donasi Paket Ramadhan untuk Dunia Islam silahkan “TRANSFER” via :
Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia
Kode Transfer : 900 ex (Rp 1.000.900) Konfirmasi di : 081212-042425

Office : Rukan Emerald Blok UF 08 Summarecon Bekasi
Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondok_sedekah
Youtube Channel : pondok sedekah
www.pondoksedekah.org

Pondok Sedekah Lembaga Kemanusiaan
Let’s Share Humanity
Ramadhan untuk Kemanusiaan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *