Pondok Sedekah Bangun Shelter untuk Pengunsi Rohingya

PONDOKSEDEKAH.ORG – Hiruk pikuk kondisi pengungsian warga muslim Rohingya yang terusir dari kampung halamannya di Rakhine, menggambarkan sebuah keterbatasan yang amat sangat dalam kondisi paling memprihatinkan.

Berlokasi di desa Kutupalong, Cox’s Bazar, Bangladesh pada awal Desember 2017 lalu tim telah berhasil membangun 5 (lima) shelter dan 7 (tujuh) pompa air tangan di daerah tersebut.

Pembuatan Fasilitas Handpump untuk Pengungsi Rohingya



Handpump untuk kebutuhan air bersih Pengungsi Rohingya



Kedepannya Pondok Sedekah akan membangun lebih banyak lagi shelter dan handpump sebagai bentuk pertolongan kemanusiaan untuk saudara-saudara muslim kita para pengungsi Rohingya.

1 Satu shelter berfungsi untuk 2 (dua) Keluarga, sementara untuk 1 (satu) Handpump bisa untuk memenuhi kebutuhan air 50 sampai 100 orang perharinya di daerah yang dibuat shelter dan handpump tersebut.

Daerah pengungsian Kutapalong, Cox’s Bazar, Bangladesh merupakan salah satu titik terbesar tempat para pengungsi berkumpul. Lebih dari 500 ribu orang penduduk Rohingya telah melakukan eksodus besar-besaran pada Agustus – September 2017 lalu.

Hal ini mengakibatkan, berlebihnya kebutuhan untuk memenuhi kehidupan mereka, terlebih pada sandang, pangan dan papan. Bagaimana mungkin bisa memenuhi kebutuhan premier sehari-hari sedangkan mereka terusir dari tanah kelahiran dimana mereka lahir, besar, mencari nafkah dan hidup di atasnya. Dan saat ini mereka harus pergi dari tanah nenek moyang mereka.

Hal itu masih lebih baik, karena masih ada kesempatan untuk hidup, namun belum tahu tentang masa depan yang masih membentang luas di hadapan mereka nantinya. Ingin seperti apa kedepannya, bagaimana anak-anak mereka tumbuh dan menjalani hidup, akankah ada kesempatan yang diberikan pada mereka untuk menjadi warga negara suatu bangsa ataukah tidak?

Inilah yang terjadi pada mereka saat ini, apa yang kita bisa bantu, maka hal itu wajib kita lakukan, berikan hal terbaik meski sedikit apa pun untuk meringankan beban mereka, karena kita tahu, sebagai manusia tentu sangat tidak bahagia tinggal di pengungsian, masihkah ada harapan? Namun paling tidak kita bisa membantu dan merasakan kesedihan mereka dengan menjadi seorang manusia.

LAYANAN JEMPUT Donasi #Care4Rohingya. Sila hubungi :
SMS & WA : 08111-566-123
Telephone : 021 – 296 20 545

Atau “TRANSFER” di :
Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia Qq Pondok Sedekah
Kode Transfer : 501 ex (Rp 1.000.501)

Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondoksedekah
Youtube : Pondok Sedekah

www.pondoksedekah.org
World Humanity Response
#Care4Rohingya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *