PONDOKSEDEKAH.ORG-Sebenarnya rahasia sedekah tiap hari adalah istiqomah. Umar bin Khattab R.A, mengartikan Istiqomah melakukan suatu ibadah secara berulang terus menerus. Misalnya jika sudah diniatkan untuk sedekah tiap hari maka dalam kondisi apapun kita harus sedekah tiap hari.

Mengapa harus istiqomah? Karena dengan istiqomah akan memberikan kebiasaan yang menjadi budaya diri kita sendiri. Dengan begitu ketika kita tidak akan pernah lupa untuk sedekah tiap hari. Berbeda ketika belum menjadi kebiasaan. Oleh karena itu istiqomah adalah rahasia sedekah tiap hari.

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Rabb kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: “Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu”. (QS Fushilat : 30)

Firman Allah SWT dalam surat fusilat tersebut diperkuat oleh hadits yang dikemukakan Rasul berikut ini. Dalam suatu hadits seseorang bertanya kepada Rasulullah SAW:

“Ya Rasulullah SAW tolong ajarkan sesuatu kepadaku yang paling penting dalam islam dan saya tidak akan bertanya lagi kepada siapapun. Nabi menjawab: “Katakanlah aku beriman kepada Alah, kemudian istiqomah (Konsisten menjalankan perintahnya dan mejauhi larangan).

Nilai Sedekah

Mengenai berapa banyak yang harus disedekahkan, Pondok Sedekah.org menganjurkan untuk konsisten sedekah tiap hari terlebih dahulu. Ketika kita sudah bisa sedekah tiap hari maka tahap selanjutnya adalah konsisten dalam nilai sedekah.

Dengan konsisten sedekah tiap hari maka kita akan mengetahui berapa banyak uang yang dikeluarkan dalam sedekah tiap hari. Dengan mentotal tiap bulan lalu dihitung rata ratanya. Misal, total sedekah dalam sebulan adalah 10 juta perbulan, maka jika dbagi 30 hari, sedekah dikeluarkan tiap hari adalah Rp. 333.333,- atau bila dibulatkan adalah 334 ribu.

Setelah mengetahui berapa rata rata sedekah tiap hari maka kita bisa meningkatkan nilai tersebut, tentunya sesuai kemampuan kita. Jangan sampai ketika meningkatkan nilai sedekah membuat kita berutang.

Waktu bersedekah

Ada yang beranggapan sedekah di pagi hari adalah sedekah yang terbaik. Pertama Sedekah di pagi dianjurkan oleh Rasulullah SAW, yaitu saat shubuh. Ketika itu para malaikat akan mendoakan bagi mereka yang bersedekah di waktu shubuh.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu sesungguhnya Nabi Muhammad shollallahu ‘alahi wa sallam bersabda: “Tidak ada satu Shubuh-pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa: “Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfaq”, sedangkan yang satu lagi berdo’a “Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya)” (HR Bukhari)

Pondok Sedekah menganjurkan untuk sedekah tiap hari di waktu pagi karena saat itu kita masih belum disibukkan dengan aktifitas. Oleh karena itu bagi yang ingin bersedekah tiap hari maka dianjurkan untuk menghapal rekening rekening yang dituju untuk disedekahkan. Misalnya rekening Pondok Sedekah

Selamat bersedekah, semoga dengan ini kita bisa terbiasa bersedekah tiap hari.
__________________________________________________________________________________
Bagi Bapak – Ibu dan Sahabat Peduli yang ingin yang ingin berdonasi bisa hubungi :

SMS & WA : 08111-566-123
Telephone : 021–296-20-545

Atau transfer via:

Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia Qq Pondok Sedekah
Kode Transfer : 101 ex (Rp 1.000.101)

Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondoksedekah
Youtube : Pondok Sedekah

www.pondoksedekah.org
Let’s Share Humanity

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *