Rasullullah Dermawan Melebihi Angin Berhembus di Bulan Ramadhan

“Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al Qur’an. Dan kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi angin yang berhembus.” (HR. Bukhari).

Artinya maksudnya di sini kedermawanan Nabi tidak bisa dihitung seberapa banyak tapi ia sering melakukan sedekah di bulan ramadhan melebihi 11 bulan lain.

Dengan dasar hadist tersebut maka disunnahkan bagi umat muslim untuk mengikuti apa yang dilakukan beliau. Untuk sering-sering melakukan pemberian daripada menerima.

Ada banyak cara melakukan kedermawanan seperti angin berhembus yang dilakukan Rasulullah SAW.

1. Memberikan sedekah makanan baik di waktu sahur
Di waktu-waktu ini tidak bisa disepelekan karena banyak juga mereka yang tidak bersahur dalam menjalankan shaum di bulan ramadhan.

Rasulullah SAW pernah mengatakan pembeda antara puasa umat muslim dengan umat lain adalah adanya sahur.

“Pembeda antara puasa kita dan puasa ahli kitab adalah makan sahur.” HR. Muslim

Maka dengan membantu memberikan makanan bagi mereka yang kesusahan di waktu sahur ada keutamaan sendiri. Nilainya malah tinggi di sisi Alloh Ta’ala.

2 Memberikan sedekah minuman di waktu berbuka

Dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan waktu berbuka.” (Muttafaqun ‘alaih).

Bagaimana jika di saat itu tidak bisa menyegarakan berbuka? Maka hal bersedekah dengan minuman di saat bulan Ramadhan sangat diperlukan. Banyak di antara kita terjebak kemacetan, di dalam kereta, di dalam kendaraan umur. Di saat momen tersebut ada yang lupa membeli air dan tidak ada yang menjual.
Maka bersedekah minuman di saat berbuka sangat penting.

Imam asy-Syâfi’i rahimahullah berkata, “Aku menyukai apabila seseorang menambah kedermawanannya di bulan Ramadhan, sebagai bentuk peneladanan dia terhadap Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , dan juga karena kebutuhan manusia serta kesibukan sebagian mereka dengan puasa dan shalat sehingga mata pencaharian mereka terabaikan.

Jadi masih ingin menunda kedermawanan di bulan ramadhan? Ayo segera berdonasi dalam program Ramadhan untuk Kemanusiaan, ayo bersama kita menebar kebahagiaan ke seluruh dunia.

SMS & WA : 0877-8000-4878
Telephone : 021–296-20-545

Atau transfer via:

Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia Qq Pondok Sedekah
Kode Transfer : 99 ex (Rp 1.000.099)

Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondoksedekah
Youtube : Pondok Sedekah

www.pondoksedekah.id
Let’s Share Humanity

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *