Pondok Sedekah – Sahabat Peduli, lebaran tinggal menghitung hari, hampir setiap kita yang memiliki kampung halaman telah bersiap – siap menyambut kedatangan rutinitas yang paling dirindukan ini.

Mudik, sebuah hal paling ditunggu untuk kita yang bisa dikatakan belum tentu bisa pulang satu tahun sekali ke kampung halaman.

Tapi sebelum kita mudik, jangan sampai lupa menunaikan kewajiban untuk menunaikan Zakat. Karena Zakat hukumnya sama seperti kewajiban beribadah yang lainnya pula; seperti Puasa, Shalat Lima Waktu, Syahadat, dan Naik Haji bila mampu.

Jika tatarannya sama seperti rukun Islam yang lain, berarti kedudukan zakat memiliki perintah yang wajib dan itu berarti kita wajib menunaikannya. Seperti tertera dalam QS. At-Taubah :103 berikut:


“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka“. (QS. At-Taubah :103)

Perintah di sini adalah mengambil, itu berarti bermula dari kata kerja ambil.

Karena bagi setiap ummat Islam ini adalah sebuah hal yang wajib kita keluarkan dari harta kita, yang gunanya untuk membersihkan harta kita.

Dengan ayat ini pula pada saat Abu Bakar Ash-Shiddiq menjadi khalifah selepas meninggalnya Rasulullah banyak orang yang tidak menunaikan zakat, dan orang – orang tersebut beliau tegaskan untuk membayar zakat.

Namun ternyata, zakat juga menjadi alat untuk menyempurnakan iman, menunaikan zakat yang wajib hukumnya itu berarti kita termasuk orang – orang yang menyempurnakan imannya kepada Allah. Dalam hal ini kita telah menunjukan iman kita yang benar dan sempurna kepada Rabb yang menciptakan kita dengan melakukan amal berupa membayar zakat.

Dan ternyata zakat juga merupakan sebuah cara agar kita bisa masuk menjadi penduduk syurga seperti tertera dalam hadits Nabi berikut ini :

“Sesungguhnya di surga terdapat kamar yang luarnya dapat terlihat dari dalamnya dan dalamnya dapat terlihat dari luarnya.” Kemudian ada seorang badui berdiri lantas bertanya, “Kepada siapa (kamar tersebut) wahai Rasulullah?” Beliau bersabda, “Bagi orang yang berkata baik, memberi makan (di antaranya lewat zakat, pen), rajin berpuasa, shalat karena Allah di malam hari di saat manusia sedang terlelap tidur.” (HR. Tirmidzi no. 1984. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan). Setiap kita tentu saja ingin masuk surga.

Kita tidak pernah tahu akan masuk syurga melalui pintu yang mana, dan Allah meridhoi kita melalui amal yang mana, oleh sebab itu mari Sahabat Peduli mari kita tunaikan Zakat kita sebelum melakukan mudik ke kampung halaman.

Semoga Allah memberikan kita keselamatan sampai ke kampung halaman, memberkahi amalan silaturrahim yang kita lakukan kepada keluarga dan sanak saudara serta menerima amalan yang kita lakukan selama bulan Ramadhan.

”Sedekah itu akan memadamkan dosa sebagaimana air dapat memadamkan api.” (HR. Tirmidzi no. 614. Abu Isa At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih)

—————————————————
More Information :
SMS & WA : 081212 – 042425
Telephone : 021 – 296 20 545

Untuk Zakat silahkan “TRANSFER” via :
Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia
Kode Transfer : 100 ex (Rp 1.000.100) Konfirmasi di : 081212-042425

Office : Rukan Emerald Blok UF 08 Summarecon Bekasi
Fanspage Facebook : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondoksedekah
Youtube Channel : pondok sedekah
www.pondoksedekah.org

#RamadhanuntukKemanusiaan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *