“Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jum’at, (karena) pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jum’at.” (HR Muslim).

Inilah sebaik-baiknya hari yang kita menjumpai hari ini dengan cerahnya matahari yang terbit untuk kita nikmati, dan melakukan amalan sunnah maupun wajib lainnya sehingga Allah memberkahi semua yang kita amalkan untuk mengisi hari ini dengan penuh kebaikan.

Menurut Ibnul Qayyim Al-Jauziyah beliau berkata, “Bersedekah pada hari Jum’at dibandingkan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti bersedekah pada bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya.”

Dan selain itu juga sebuah di dalam hadits Ka’ab (dikatakan),

والصدقة فيه أعظم من الصدقة في سائر الأيام

“Bersedekah di dalamnya lebih besar (pahalanya) daripada bersedekah pada hari lainnya.” (hadits mauquf shahih namun memiliki hukum marfu’).

Jika bersedekah saja memang sudah pasti mendapatkan pahala yang Allah pasti akan membalasnya dengan pahala :

Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ada tujuh golongan orang yang akan diberi naungan oleh Allah pada hari ketika tidak ada naungan kecuali naungan dari-Nya. Seorang pemimpin yang adil. Seorang pemuda yang tumbuh dalam [ketaatan] beribadah kepada Allah ‘azza wa jalla. Seorang lelaki yang hatinya bergantung di masjid-masjid. Dua orang lelaki yang saling mencintai karena Allah, mereka berdua bertemu dan berpisah karena-Nya. Seorang lelaki yang diajak oleh seorang perempuan yang memiliki kedudukan dan kecantikan lalu dia berkata, ‘Aku takut kepada Allah’. Seorang lelaki yang bersedekah dengan sembunyi-sembunyi, sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya. Dan seorang lelaki yang mengingat Allah dalam kesendirian lalu mengalirlah air matanya.” (HR. Bukhari dan Muslim, lihat Shahih at-Targhib [1/531])

Jika pada hari biasa Allah pasti akan memberikan pahala untuk siapa saja yang bersedekah apatah lagi dengan hari yang Allah sudah muliakan untuknya.

Jadi mari bersedekah agar Allah semoga Allah memberikan kenikmatan iman dan keberkahan hidup serta pengampunan untuk kita semua.

“Apapun infak yang kalian berikan atau nadzar apapun yang kalian canangkan, sesungguhnya Allah mengetahuinya.” (QS. Al-Baqarah: 270)

——————————————————————————————————————-

Let’s Share, Your Humanity; Mari bersama bantu korban bencana dengan “LAYANAN JEMPUT DONASI” silahkan hubungi :

SMS & WA : 08 – 1212 – 042425
Telephone : 021 – 296 20 545

Atau “TRANSFER” di :

Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia
Kode Transfer : 700 ex (Rp 1.000.700)

Bantuan Anda akan meringankan mereka yang saat ini sangat membutuhkan uluran tangan Anda.

Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondok_sedekah
www.pondoksedekah.org
Let’s Share, Your Humanity

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *