PONDOKSEDEKAH.ORG – Kita sering berpikir sedekah itu harus dengan harta. Namun, ternyata ada bentuk-bentuk lain sedekah. Islam memudahkan bagi orang-orang yang tidak mempunyai harta untuk bersedekah. Di zaman Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam sudah diberi contoh mengenai sedekah tanpa harus dengan harta. Hal ini termaktub dalam hadis tsebagai berikut :

Dari Abi Dzar ra. berkata, bahwasanya sahabat-sahabat Rasulullah saw. berkata kepada beliau:

“Wahai Rasulullah, orang-orang kaya telah pergi membawa banyak pahala. Mereka shalat sebagaimana kami shalat, mereka berpuasa sebagaimana kami berpuasa, namun mereka dapat bersedekah dengan kelebihan hartanya.”

Rasulullah SAW. bersabda: “Bukankah Allah telah menjadikan untukmu sesuatu yang dapat disedekahkan? Yaitu, setiap kali tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, menyuruh pada kebaikan adalah sedekah, melarang kemungkaran adalah sedekah, dan hubungan intim kalian (suami istri) adalah sedekah.” (HR. Muslim)

Dengan gambaran dari hadis tersebut dapat disimpulkan bahwa sedekah tidak hanya harta tetapi bisa dengan hanya bertasbih, bertahmid, menyuruh kebaikan.

Berikut sedekah dengan selain harta

1. Menyingkirkan sesuatu yang dapat mengganggu dan membahayakan seseorang ditengah jalan

Rasulullah SAW. bersabda yang artinya: “Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu.” (HR. Bukhari).

2. Tersenyum
“Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah”. (HR. At-Tirmidzi).

3. Memberi makanan

Makanan apapun yang dimiliki dapat juga disedekahkan kepada orang yang membutuhkan.

Nabi SAW. bersabda yang artinya: “Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma”. (Muttafaqun ‘alaih)

4. Menahan diri dari perbuatan dari buruk

Rasulullah SAW. bersabda yang artinya: “Menahan diri dari perbuatan buruk itu merupakan sedekah.” (HR. Muslim)

5. Mencegah perbuatan mungkar

Dari Abu Hurairah ra. berkata: Rasulullah SAW. bersabda: “Setiap ruas tulang dari para manusia itu harus memberikan sedekah setiap harinya yang di situ terbitlah matahari. Berlaku adil antara dua orang merupakan sedekah. Menolong seseorang dengan membantunya menaiki kendaraan atau mengangkat barang orang itu ke atas hewan kendaraannya adalah sedekah. Ucapan yang baik adalah sedekah, dengan setiap langkah yang dijalaninya untuk pergi shalat juga sedekah, menyingkirkan apa-apa yang berbahaya dari jalan itu juga sedekah.” (Muttafaq ‘alaih)

Bagi Bapak – Ibu dan Sahabat Peduli yang ingin yang ingin berdonasi dalam program “Orang Tua Asuh Penghafal Al-Quran” bisa hubungi :

SMS & WA : 08111-566-123
Telephone : 021–296-20-545

Atau transfer via:

Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia Qq Pondok Sedekah
Kode Transfer : 101 ex (Rp 1.000.101)

Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondoksedekah
Youtube : Pondok Sedekah

www.pondoksedekah.id
Let’s Share Humanity

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *