PONDOKSEDEKAH.ID – Sedekah sebuah amalan yang setiap kita telah belajar sejak kecil, mengetahui dan bahkan telah mempraktekan amalan tersebut dalam hidup kita.

Sedekah pula sebuah hal yang unik saat kita berbagi pada seseorang yang kesulitan kita merasakan kebahagiaan, padahal rizki yang kita miliki kita keluarkan untuk berbagi pada seseorang.
Namun sedekah memiliki aturan bahwasannya sedekah yang benar itu memiliki aturan, kepada siapa sajakah sedekah harus kita berikan?

1. Sedekah kepada Anak dan Istri
Sedekah kepada Anak dan Istri menjadi hal yang utama, karena memberi nafkah kepada keluarga adalah kewajiban oleh karenanya harus segera ditunaikan dan menjadi prioritas.

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda dalam haditsnya :

“Ada dinar yang kamu infakkan di jalan Allah, dinar yang kamu infakkan untuk memerdekakan budak dan dinar yang kamu sedekahkan kepada orang miskin. Namun dinar yang kamu keluarkan untuk keluargamu (anak-isteri) lebih besar pahalanya.” (HR. Muslim)

Untuk itu kita wajib untuk mengatur pengeluaran, memberikan yang terbaik untuk keluarga namun tidak lupa untuk kita keluarkan pula di jalan Allah serta hak lainnya yang wajib kita keluarkan seperti zakat tentunya.

2. Sedekah kepada Saudara (Kerabat)

“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai.” (QS. Ali Imran: 92)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:
“Bersedekah kepada orang miskin adalah satu sedekah, dan kepada kerabat ada dua (kebaikan); sedekah dan silaturrahim.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah dan Hakim, Shahihul Jami’ no. 3858).

3. Sedekah Kepada Tetangga

Sedekah kepada tetangga merupakan perintah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga dalam sabdanya beliau berkata kepada Abu Dzar:

“Wahai Abu Dzar! Jika kamu memasak sop, maka perbanyaklah kuahnya, lalu bagilah sebagiannya kepada tetanggamu.” (HR. Muslim).

4. Sedekah untuk Jihad Fisabilillah

Sedekah untuk jihad fisabilillah merupakan sebuah keutamaan, karena memperjuangkan Agama Allah yang begitu dahsyat pahala dan balasannnya.

Dari Sayyidina Abu Zar, yaitu Jundub bin Junadah رضيَ اللَّه عنهُ berkata “Saya berkata: Ya Rasulullah, amalan manakah yang lebih utama – banyak fadhilahnya?” Beliau صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم menjawab yang maksudnya : ” Yaitu beriman kepada Allah dan berjihad untuk membela agamaNya.” Saya bertanya lagi: “Hamba sahaya manakah yang lebih utama?” Beliau صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم menjawab yang maksudnya : “Yaitu yang dipandang terindah bagi pemiliknya serta yang termahal harganya.”

Memperjuangkan agama Allah adalah kewajiban semua muslim untuk melaksanakannya. Dengan berbagai cara dan upaya, menyampaikan dakwah adalah jihad, belajar adalah jihad, dan banyak pula pintu kebaikan untuk kita memperjuangkan agama Allah.

5. Sedekah Jariyyah

Sedekah Jariyyah adalah sedekah yang pahalanya tak terputus meskipun yang bersedekah telah meninggal dunia. Dalam haditsnya Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wasallam bersabda :

“Apabila cucu Adam meninggal, maka terputuslah seluruh amalnya kecuali tiga; sedekah jariyah, ilmu yang dimanfa’atkan atau anak shalih yang mendo’akan (orang tua)nya.” (HR. Muslim).
_____________________________________________________________________________________________
Mari bersama bergabung dalam barisan para Penghafal Al – Qur’an, Bangun 1.000 Pesantren Entrepreneur Penghafal Al-Qur’an bersama Pondok Sedekah dengan bergabung dalam program Orang Tua Asuh Penghafal Al-Qur’an.

Untuk Pendaftaran Menjadi Donatur Orang Tua Asuh Penghafal Al-Qur’an di : bit.ly/DaftarOrangTuaAsuh

Donasi Program Orang Tua Asuh Penghafal Al-Quran silahkan “TRANSFER” via :
Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia Qq Pondok Sedekah
Kode Transfer : 103 ex (Rp 1.000.103)
Konfirmasi dan Informasi detail program Penghafal Al-Quran di : 0877-8000-7848

Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondoksedekah
Youtube Channel : pondok sedekah

Office : Rukan Emerald Blok UF.08 Summarecon Bekasi
www.pondoksedekah.id

Pondok Sedekah Indonesia Foundation
Let’s Share Humanity

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *