PONDOKSEDEKAH.ORG – Sedekah ternyata tidak hanya mengantarkan ke syurga tetapi ke neraka. Kok bisa begitu, kita tahu bahwa syarat sedekah pertama harta yang diberikan harus didapatkan dari cara yang halal. Kedua, adalah ikhlas. Tanpa kedua syarat tersebut maka apa yang kita sedekahkan sia-sia. Lalu bagaimana jika harta yang didapatkan berasal dari cara dan sumber yang haram. Tentu saja sedekah tersebut mengantarkan ke neraka.

“Barangsiapa mendapatkan harta dari dosa, lalu dengannya ia bersilaturrahim (menyambung persaudaraan) atau bersedekah atau membelanjakan (berinfaq) di jalan Allah (dengan hartanya tersebut) maka Allah akan menghimpun seluruh hartanya itu kemudian Dia melemparkan orang tersebut bersama hartanya ke dalam neraka Jahanam”.
(HR. Abu Daud).

Sungguh miris jika kita sudah sedekah tapi apa yang kita usahakan malah mengantarkan kita ke neraka. Kita mungkin pernah melihat atau mendengar mengenai tokoh politik yang menyumbang besar untuk pesantren, anak yatim, dsb. Namun, apa yang ia dapat berasal dari korupsi, suap.

Apa yang dilakukan tokoh tersebut seperti yang digambarkan di hadist Rasulullah di atas. Sedekah yang ia berikan, bukan menjadi pahala tapi mengantarkan beliau ke neraka.

Kita ingin sekali dalam bersedekah itu mengharapkan syurga. Bahkan seorang yang matipun akan berangan-angan, jika seandainya ia kembali hidup maka amalan yang akan ia perbuat untuk pertama kali adalah bersedekah, karena ia menyadari bahwasannya pahala dari bersedekah memiliki pengaruh yang sangat besar baginya, baik di dunia maupun akhirat, sebagaimana yang difirmankan Allah Subhanahu wa ta’ala ketika mengkisahkan mereka orang-orang yang telah meninggal dunia.

Ketika datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: “Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang shaleh?” (QS. Al-Munafiqun: 10)

Maka marilah kita berhati-hati dalam bekerja dan mencari harta yang halal. Jangan sampai ketika kita bersedekah, bukan mengantarkan ke syurga tetapi ke neraka. Bagaimana?

Bagi Bapak – Ibu dan Sahabat Peduli yang ingin yang ingin berdonasi dalam program “Orang Tua Asuh Penghafal Al-Quran” bisa hubungi :

SMS & WA : 08111-566-123
Telephone : 021–296-20-545

Atau transfer via:

Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia Qq Pondok Sedekah
Kode Transfer : 101 ex (Rp 1.000.101)

Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondoksedekah
Youtube : Pondok Sedekah

www.pondoksedekah.id
Let’s Share Humanity

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *