PONDOKSEDEKAH.ORG – Kemarin, pagi hari tepatnya (2/8) Gunung Sinabung kembali erupsi, abu vulkanik keluar dari kawahnya. Hujan abu pun tak tertahankan lagi, jarak pandang kian sulit.

Hujan Abu mencapai ketinggian 4300 Meter dan mengarah menuju tenggara hingga mencapai 4,3 KM. Kabanjahe hingga Berastagi menjadi pekat tertutup abu vulkanik yang berterbangan keluar dari lambung Sinabung.

Aktivitas warga terhenti, rumah, sekolah, warung, took, pasar hingga kantor tutup, semua dilakukan agar luapan abu vulkanik tak masuk kedalam ruangan dan terhirup oleh manusia.

Abu vulkanik ini sangat tajam dan tentunya sangat tak baik bagi kesehatan masyarakat, hal ini harus dihindari untuk masuk ke dalam pernafasan, tenggorokan, dan mata.

Ketua Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) bagian Humas Bapak Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data dan Informasi, menerangkan bahwa letusan Sinabung mencapai kategori besar terjadi pada pagi tadi. Rabu (2/8).

Perisitwa meletusnya Gunung Sinbung ini telah berjalan hingga 4 (empat) tahun ini, bahkan warga mengungkapkan bahwa hal ini adalah seperti sebuah kesedihan yang mengikuti mereka setiap harinya selama 4 tahun ini.

Kesedihan itu meliputi, hewan ternak yang mati terkena panas abu, kebun pertanian yang rusak berhektare-hektare, rumah yang rusak, atap bolong hingga atap hampir rubuh tertimbun debu vulkanik.

Ini belum semua dari kesedihan tersebut, hal paling mengerikan adalah saat nanti lava vulkanik yang akan keluar dari gunung tersebut dan mengalir ke sungai atau pun semua yang ia lewati.

Jika melalui sungai di kaki gunung Sinabung ini, maka ia akan melalui sungai Laborus dan berakhir pada muaranya di Bendungan sungai Laborus.

Hal ini bisa mengakibatkan jebolnya bendungan sungai tersebut, setiap harinya warga disepanjang aliran sungai Laborus ini wajib berhati-hati karena dikhawatirkan akan menimbulkan korban jiwa bagi yang tidak waspada nantinya.

Mari Bapak, Ibu, dan Sahabat Peduli kita bantu saudara kita di sana, mereka sangat membutuhkan pertolongan, selain pendapatan mereka yang saat ini terganggu akses mereka pun terbatas untuk mencari nafkah demi menghidupi keluarga mereka.
___________________________________________________
Salurkan bantuan Bapak, Ibu dan Saudara Peduli ke :

SMS & WA : 08111-566-123
Telephone : 021-296-20-545

Untuk Donasi Peduli Sinabung silahkan “TRANSFER” via :
Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia
Kode Transfer : 504 ex (Rp 1.000.504) Konfirmasi di : 08

Office : Rukan Emerald Blok UF 08 Summarecon Bekasi
Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondoksedekah
Youtube Channel : pondok sedekah
www.pondoksedekah.org

Pondok Sedekah Lembaga Kemanusiaan
Disaster Management Program
Let’s Share Humanity

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *