PondokSedekah – Kerja itu ibadah sepertinya kalimat tersebut bukan hal yang asing di telinga kita. Layaknya kalimat motivasi yang mudah melekat di otak namun tak mudah untuk diterapkan.

Sebenarnya kerja seperti apa yang bernilai ibadah? Dan sudahkah kerja kita bernilai ibadah atau malah pekerjaan kita cenderung membuat kita mudah meninggalkan ibadah?

Ada salah satu kalimat renungan yang tertulis sebagai berikut, “Sejatinya bekerja hanyalah selingan untuk menunggu waktu shalat.” Sayangnya banyak dari kita yang justru menganggap sebaliknya, lebih mengutamakan pekerjaan dibanding shalat yang seringkali shalat dilakukan di akhir waktu mendekati ibadah shalat selanjutnya.

Entah kenapa dalam keseharian kita lebih khawatir akan pekerjaan yang tanpa sadar membuat kita seperti robot yang dikendalikan oleh bos yang kita takuti. Selama ini kita lebih terburu-buru memenuhi panggilan dia (bos atau atasan) daripada datang ke masjid untuk beribadah memenuhi panggilan Dia (Allah Swt).

Sebagian orang lebih takut akan gaji atau rezeki yang sudah dijamin oleh-Nya. Sampai-sampai menggeser kewajiban ibadah yang menentukan kehidupan akhirat yang hanya dijamin oleh amalan kita sendiri.

Pada kenyataannya, tidak semua kerja kita bernilai ibadah. Bila dalam proses bekerja malah membuat diri kita lalai dalam mengingat-Nya dan beribadah pada-Nya. Bekerja atas dasar mencari nafkah, memperoleh rezeki namun malah membuat kita jauh dari mengingat Allah Swt, Sang Maha Pemberi Rezeki.

Allah Swt berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Jumu’ah ayat 10:

فَإِذَا قُضِيَتِ ٱلصَّلَوٰةُ فَٱنتَشِرُوا۟ فِى ٱلْأَرْضِ وَٱبْتَغُوا۟ مِن فَضْلِ ٱللَّهِ وَٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ كَثِيرًا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ


“Apabila telah ditunaikan shalat, Maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (QS. Al Jumu’ah:10)


Ayat tersebut menjelaskan pada kita untuk mengutamakan shalat terlebih dahulu barulah bekerja dengan banyak-banyak mengingat Allah Swt (berdzikir). Hidupkan dan amalkan dzikir dalam setiap kali kita berikhtiar mencari rezeki.

Maka, mulai kini ubahlah fokus kita dalam bekerja. Bekerja sejatinya tidak hanya untuk orientasi dunia melainkan untuk akhirat. Perbaiki niat dan cara bekerja untuk mengharap ridha Allah Swt. Bekerjalah dengan mengindahkan segala aturan Allah Swt, InsyaAllah itu akan membuat pekerjaan kita bernilai ibadah dan mengandung keberkahan di dalamnya.

Oleh : Adila Rarastika (Relawan Digital Pondok Sedekah)
————————————————————————–
Hubungi kami di:
SMS & WA : 081212 – 042425
Telephone : 021 – 296 20 545

Untuk Donasi Paket Ramadhan untuk Dunia Islam silahkan “TRANSFER” via :
Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia
Kode Transfer : 900 ex (Rp 1.000.900) Konfirmasi di : 081212-042425

Office : Rukan Emerald Blok UF 08 Summarecon Bekasi
Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondok_sedekah
Youtube Channel : pondok sedekah
www.pondoksedekah.org

Pondok Sedekah Lembaga Kemanusiaan
Let’s Share Humanity
Ramadhan untuk Kemanusiaan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *