fbpx

Bagaimana Dalil Tentang Zakat Profesi

PONDOKSEDEKAH.ID – Banyak diskusi tentang bagaimana hukumnya zakat profesi ini di tunaikan, ada yang menyetujuinya dan ada yang tidak setuju pula tentangnya.

Namun dalam beberapa bahasan ulama yang menyepakati tentang zakat profesi ini bukan berarti tak memiliki pijakan terhadap diputuskannya zakat profesi tersebut.

Beberapa dalil yang menyatakan tentang wajibnya zakat adalah sebagai berikut :

Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS. At-Taubah : 103).

Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji. (QS. Al-Baqarah : 267).

Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian. (QS. Az-Zariyat : 19).

Dan terkait tentang pendapat para ulama baik ulama terdahulu atau pun saat ini menyebutkan tentang istilah yang sama yakni : Al-Amwaal.

Sementara sebagian lagi secara khusus memberikan istilah dengan istilah “al-maal al-mustafaad” seperti terdapat dalam fiqh zakat dan al-Fiqh al-Islamy wa Adillatuhu.

Dimana mereka mengatakan bahwa harta tersebut wajib dikeluarkan zakatnya. – Abu Ubaid meriwayatkan dari Ibnu Abbas ra tentang seorang laki-laki yang memperoleh hartanya (al-maal al-mustafaad) beliau berkata: “Dia keluarkan zakatnya pada hari dia mendapatkan harta itu” (Al-Amwaal, hal. 413).

Tak hanya itu seiring sejalan dengan pertumbuhan kehidupan manusia saat ini, khususnya dalam bidang ekonomi, kegiatan penghasilan melalui keahlian dan profesi ini akan semakin berkembang dari waktu ke waktu.

Bahkan akan menjadi kegiatan ekonomi yang utama, seperti terjadi di negara-negara industri sekarang ini (Ruuh al-Dien al-Islamy, hal. 300).

Wallahua’lam bisshawab…

Tunaikan zakat Bapak, Ibu dan Sahabat Pondok Sedekah Indonesia melalui :

Bank Syari’ah Mandiri : 78-888-33-228 an Yay. Pondok Sedekah-Zakat
Kode Transfer 100 ex Rp 1.000.100,-

Konfirmasi dan Informasi 08111-566-123 / 0877-8000-7848

www.pondoksedekah.id
Let’s Share Humanity

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: