Tidur Bisa Dapat Pahala Jika Ikuti Cara Rasulullah SAW

Tidur ternyata bisa mendapatkan pahala bila kita mengikuti cara Rasulullah SAW., yaitu dengan tidur secara teratur, menjaga wudhu dan bangun disepertiga malam.

Sebelum tidur, dianjurkan untuk kibas seprai tiga kali dan membaca doa surat Annas, Al Falaq, Al Ikhlas dan usapkan ke seluruh tubuh. Disunahkan juga membaca ayat kursi. Doa ini akan melindungi seluruh tubuh dari binatang berbahaya ketika tidur.

Karena ketika tidur, manusia tak mengetahui apa yang terjadi. Ayat kursi yang dibacakan juga akan membuat setan tak berani mendekat hingga datangnya pagi.

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW: “Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan ‘bismillah’, karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi.” (HR. Al Bukhari )

Ketika tidur, sahabat Pondok Sedekah selalu niatkan untuk salat malam. Sekalipun tertidur, niat untuk salat malam tetap menjadi pahala. Membaca doa sebelum tidur dan tidur ke arah sebelah kanan.

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah: “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR. Al-Bukhari).

Selain berbaring di sebelah kanan, Rasulullah SAW juga menganjurkankan untuk meletakkan tangan kanan sahabat di bawah pipi kanan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila tidur meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya.” (HR. Abu Dawud)

Ketika bangun, ucapkan segala puji bagi Allah dan menyegerakan berwudhu.

“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah ditidurkan-Nya dan kepada-Nya kami dibangkitkan.” (HR. Al-Bukhari).

Itulah tips agar tidur sahabat dapat berpahala. Semoga dapat bermanfaat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *