Tiga Doa dalam Sujud Terakhir

Doa adalah cara manusia berkomunikasi dengan Alloh Ta’ala. Biasanya dalam doa, kita akan menyampaikan rasa syukur, meminta ampunan hingga memohon berbagai kebaikan di dunia dan akhirat.

Dalam berdoa, ada waktu-waktu yang mustajab. Salah satunya adalah sujud terakhir dalam sholat. Sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam hadis Muslim, “Adapun di waktu sujud maka bersungguh-sungguhlah untuk berdo’a padanya, karena pantas untuk dikabulkan doamu (pada waktu itu).

Adapun doa pertama adalah meminta agar diwafatkan dalam keadaan husnul khatimah. Saat sujud terakhir, mintalah kepada Allah Ta’ala agar diwafatkan dalam keadaan husnulkhatimah dengan membaca doa

اللهم إني أسألك حسن الخاتمة

“Allahumma inni as’aluka husnal khotimah.”

Artinya:
“Ya Allah aku meminta kepada-Mu husnul khotimah.”

Doa kedua adalah meminta agar diberikan kesempatan taubat sebelum wafat. Kita tahu, bahwa manusia tidak luput dari kesalahan. bertaubata adalah salah satu cara memohon ampun kepada Alloh Ta’ala atas kesalahan kita. Namun, tak semua orang bertaubat sebelum meninggal. Maka hendaklah membaca doa ini agar diberikan kesempatan bertaubat sebelum meninggal.

اللهم ارزقني توبتا نصوحا قبل الموت

Allahummarzuqni taubatan nasuha qoblal maut

Artinya:
“Ya Allah berilah aku rezeki taubat nasuha (atau sebenar-benarnya taubat) sebelum wafat”

Doa ketiga dalam sujud terakhir adalalah meminta hati kita ditetapkan di atas agama-Nya. Banyak kasus yang awalnya rajin ibadah, imannya sering goyah hingga ada yang sampai murtad. Untuk itu mari berdoa dan meminta agar hati ini ditetapkan di atas agama-Nya hingga akhir zaman.

اللهم يا مقلب القلوب ثبت قلبي على دينك

Allahumma yaa muqollibal quluub tsabbit qolbi ‘ala diinika

Artinya:
“Ya Allah wahai sang pembolak balik hati, tetapkanlah hatiku pada agama-MU”

Itulah tiga doa yang bisa diamalkan dalam sujud terakhir. Semoga bermanfaat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *