Apa itu wakaf? Lalu apa juga keuntungan bagi seorang muwaqif saat ia mewakafkan hartanya di jalan Allah?
Istilah Wakaf sendiri berasal dari bahasa Arab “waqafa” (Waqaf) yang berarti berhenti atau menahan.

Atau lebih detailnya seperti ini; Kata “Wakaf” atau”Wact” berasal dari bahasa Arab “Waqafa”. Asal kata “Wakafa” berarti “menahan” atau “berhenti” atau “diam” di tempat” atau tetap berdidi”. Kata “Wakafa-Yaqufu-Waqfan” sama artinya “Habas-Yahbisu-Tahbisan”.

Artinya :
Menahan, menahan harta untuk diwakafkan, tidak dipindahmilikkan

– Abu Hanifah

Wakaf adalah menahan suatu benda yang menurut hukum, tetap di wakif dalam rangka mempergunakan manfaatnya untuk kebajikan.

– Mazhab Syafi’I dan Ahmad bin Hambal

Syafi’I dan Ahmad berpendapat bahwa wakaf adalah melepaskan harta yang diwakafkan dari kepemilikan wakif, setelah sempurna prosedur perwakafan.

– Mazhaf Maliki

Mazhab Maliki berpendapat bahwa wakaf itu tidak melepaskan harta yang diwakafkan dari kepemilikan wakif, namun wakat tersebut mencegah wakif melakukan tindakan yang dapat melepaskan kepemilikannya atas harta tersebut kepada yang lain dan wakif berkewajiban menyedekahkan manfaatnya serta tidak boleh menarik kembali wakafnya.

Wakaf menjadi sangat penting karena dapat bermanfaat hingga waktu yang sangat lama, manfaatnya harus bisa dirasakan dalam waktu yang panjang.

Upayakan harta yang akan diwakafkan bernilai tinggi dan dalam kondisi terbaik, seperti Umar bin Khattab yang mewakafkan harta di wilayah Khaibar, yang memiliki nilai produktif karena memberikan hasil panen berupa kurma yang dapat bermanfaat untuk banyak hal;

Sesunggguhnya Umar bin Khathab mendapatkan bagian tanah di Khaibar. Lalu dia datang menjumpai Rasulullah untuk meminta saran mengenai kebun pembagian itu. Lalu dia berkata,”Wahai, Rasulullah. Sesungguhnya aku mendapatkan bagian tanah di Khaibar. Sungguh belum pernah aku memiliki harta yang lebih aku sukai daripada tanah ini. Maka, apa yang engkau perintahkan kepadaku dengan harta ini? Lalu Beliau bersabda,”Jika engkau menghendaki, peliharalah kebun itu dan engkau shadaqohkan buahnya. Dia berkata: Lalu Umar menyedekahkan hasilnya. Sesungguhnya tanah itu tidak dijual, tidak dihadiahkan dan tidak boleh diwaris. Lalu Umar menyedahkannya kepada fuqoro’, kerabatnya, untuk memerdekakan budak, untuk fi sabilillah, untuk membantu ibnu sabil dan untuk menjamu tamu. [HR Bukhari, Kitabusy Syurut, no. 2532].

Itulah harta-harta yang diwakafkan pada zaman sahabat yang hidup berdampingan dengan Rasulullah Shalallahu’alaihi wasallam, hasil dari wakafnya begitu besar dan bisa dilakukan untuk perluasan wilayah Islam, kemaslahatan ummat dan banyak manfaat lainnya.

Tidak hanya para sahabat yang melakukan wakaf, namun Rasulullah Shalallahu’alaihi wasallam pun juga mencontohkan bahwa dirinya juga menunaikan wakaf hingga tak tersisa hartanya dikala beliau meninggal dunia.
Amr bin Al Harist Radhiyallahu ‘anhu berkata.

مَا تَرَكَ رَسُولُ اللَّهِ عِنْدَ مَوْتِهِ دِرْهَمًا وَلَا دِينَارًا وَلَا عَبْدًا وَلَا أَمَةً وَلَا شَيْئًا إِلَّا بَغْلَتَهُ الْبَيْضَاءَ وَسِلَاحَهُ وَأَرْضًا جَعَلَهَا صَدَقَةً

Pada waktu wafatnya, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah meninggalkan dirham, tidak pula dinar, tidak pula budak pria, tidak pula budak wanita, dan sedikitpun tidak meninggalkan harta, melainkan keledainya yang putih, senjata dan tanah. Beliau mewakafkan semua barang itu. [HR Bukhari, no. 2661].

Kami sedang melakukan Pembangunan sebuah Pesantren di Sukabumi yang tengah mengalami kesulitan dan harus mengontrak disebuah rumah kontrakan, mari bantu kamii dalam membangun sebuah pesantren yang akan kami beri nama Pesantren Entrepreneur Darul Hufazh Al-Mussalam.

Selengkapnya Pesantren Entrepreneur Darul Hufazh Al-Mussalam

Untuk Wakaf pembangunan pesantren ini, silahkan “TRANSFER” via :
Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia Qq Pondok Sedekah
Kode Transfer : 700 ex (Rp 1.000.700) Konfirmasi di : 081212-042425

Office : Rukan Emerald Blok UF 08 Summarecon Bekasi
Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondok_sedekah
Youtube Channel : pondok sedekah
www.pondoksedekah.org

Pondok Sedekah Lembaga Kemanusiaan
Let’s Share Humanity

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *