PondokSedekah – Wakaf, mengapa tidak? Judul tulisan ini memotivasi untuk kita tidak alergi terhadap wakaf. Menjadikan wakaf sebagai hal terbaik dalam hidup kita dan menjadi amalan yang tak terputus sepanjang kehidupan bahkan hingga kita berpulang kerahmatullah.

Bicara wakaf sendiri kita harus paham pengertian wakaf itu sendiri? Wakaf (bahasa Arab: وقف) adalah perbuatan hukum wakif (pihak yang melakukan wakaf) untuk memisahkan dan/atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum sesuai syariah.

Dibanding dengan yang lain wakaf memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan zakat, infak, dan sedekah. Zakat adalah kewajiban yang harus kita tunaikan saat penghasilan atau harta kita mencapai nishabnya. Sementara wakaf sendiri adalah hal yang sunnah untuk ditunaikan.

Dalam penggunaan atau pengambilan manfaatnya sendiri wakaf berbeda dengan zakat, infak ,dan shadaqah. Saat orang mendapatkan zakat, infak atau shadaqah seseorang tersebut boleh memiliki harta tersebut namun tidak dengan wakaf harta wakaf hanya boleh diambil manfaatnya saja.

Kalau bisa diambil manfaatnya saja, lalu seperti apa maksudnya? Maksudnya saat orang tua kita mewakafkan tanah dan bangunan berupa masjid maka kita tidak bisa memiliki tanah dan bangunan tersebut, melainkan kita hanya bisa menggunakannya saja sebagai tempat untuk kita beribadah.

Untuk saat ini kita malah lebih familiar mendengar tentang Wakaf Produktif, wakaf produktif bisa dimisalkan dengan ada seseorang yang mewakafkan sebuah apartement. Maka apartement tersebut tidak bisa dimiliki oleh anaknya sekalipun. Tapi apartement tersebut bisa dikeluarkan biaya untuk menggaji karyawan yang bekerja di apartement tersebut.

Keuntungan wakaf produktif pun bisa dimaksimalkan sebagai bahan oprasional untuk sebuah lembaga pendidikan, sosial atau apa pun.

Sebenarnya wakaf jauh lebih dahsyat penggunaannya, sayang sosialisasi wakaf kurang maksimal sehingga informasi dan pelaksanaannya belum begitu terasa. Wakaf masih berkisar tentang wakaf untuk pondok, atau masjid saja.
Ayo wakafkan sebagian harta kita untuk pembangunan peradaban ummat Islam. Semoga harta yang kita wakafkan terus mengalir manfaat pahalanya hingga ke akhirat kelak.

——————————————————————————————————————-
Salurkan donasi sahabat sekalian melalui Pondok Sedekah Lembaga Kemanusiaan :
Lebih mudah dengan “LAYANAN JEMPUT Wakaf.” Sila hubungi :
SMS & WA : 08 – 1212 – 042425
Telephone : 021 – 296 20 545

Atau “TRANSFER” di :
Mandiri Syariah 7033 952 672 an Yayasan Pesantren Entrepreneur Indonesia Qq Pondok Sedekah
Kode Transfer : 505 ex (Rp 1.000.200)

Fanspage : Pondok Sedekah (@pondoksedekah.id)
Instagram : @pondok_sedekah
www.pondoksedekah.org
Let’s Share Your Humanity

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *